Beberapa pengemudi kendaraan khususnya kendaraan roda empat, masih banyak yang menganggap bahwa sabuk pengaman atau yang sering kita sebut seat belt ini tidak terlalu penting dalam berkendara. Bahkan tidak jarang dari para pengemudi menggunakan sabuk pengaman atau seat belt tersebut jika di depan sudah terlihat bapak polisi yang sedang mamantau atau mengatur lalu lintas.

Fakta tentang pemakaian sabuk pengaman dalam mobil tersebut adalah hal yang sangat penting bagi setiap pengemudi. Tapi apakah Anda tahu cara yang benar dalam menggunakan seat belt? Nah, dibawah ini Otodiva.com telah merangkum beberapa cara mudah dalam menggunakan seat belt yang baik dan benar nih. Yuk simak!

Sebelum mengetahui cara menggunakan sabuk pengaman yang baik dan benar, ada baiknya ketahui bagian-bagiannya terlebih dahulu. Nah, bagian – bagian dari seatbelt adalah sebagai berikut:

  • Pada bagian pita atau webbing yaitu komponen yang berfungsi sebagai tali pengikat atau pengaman pada mobil, agar posisi anda tetap pada kondisi awal.
  • Selanjutnya, pada bagian pengunci atau penggulung ( locking retratrors ) yaitu komponen yang berfungsi untuk mengunci bagian ujung webbing ke bagian pengunci agar ngelock.
  • Terakhir yaitu, bagian pengait ( buckle ) yaitu komponen yang berfungsi untuk mengaitkan antara webbing dengan locking retratrors.

Nah, setelah mengetahui bagian-bagian dari sabuk pengaman, berikut cara untuk menggunakan seat belt yang baik dan benar, diantaranya yaitu:

Cara pertama, memperhatikan kembali strap pada bagian bawah. Pastikan bagian bawah sabuk pengaman Anda berada di atas sekitar pinggang. Sabuk pengaman didesain untuk memberikan kekuatan pada panggul Anda agar tubuh tidak terlempar jauh ketika terjadi kecelakaan.

Kemudian, memperhatikan posisi duduk Anda. Disarankan untuk duduk dalam posisi yang tegak, sejajarkan punggung dengan sandaran kursi Anda.

Selanjutnya, memeriksa sabuk pengaman agar tidak terpelintir. Jika tali pinggang berada dalam posisi yang bengkok, kekuatan tekanan perlindungan diri Anda melalui pinggang tidak dapat bekerja dengan baik pada tubuh. Hal inilah yang menyebabkan sabuk pengaman jadi kurang efektif bekerja.

Nah, cara yang terakhir adalah pastikan Anda telah mendengar suara ‘klik’ ketika sedang menguncinya. Uji kepastian dari keamanan sabuk pengaman Anda dengan cara menariknya sesekali. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa sabuk pengaman benar-benar telah terkunci dan dapat membantu melindungi selama perjalanan

Baca Juga, Tips Membersihkan Kursi Mobil Pakai Produk Di Rumah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here