Dinamo stater pada kendaraan roda empat memegang peranan sangat penting, yakni berfungsi menggerakkan dinamo mobil sehingga mobil dapat hidup. Adapun dinamo starter bekerja menggunakan listrik yang bersumber dari aki mobil.

Dinamo starter adalah bagian penting dalam sebuah mobil, karena bisa membantu efisiensi saat menghidupkan mobil. Jika dinamo mobil sudah mulai lemah, tentu akan membuat mobil sulit untuk dihidupkan. Setidaknya ada beberapa penyebab yang bisa membuat dinamo starter mobil cepat rusak. Nah, dibawah ini Otodiva.com telah merangkum beberapa tanda bahwa dinamo starter pada mobil Anda rusak. Yuk simak!

Ketika Anda coba menyalakan mobil namun tidak berhasil, kemungkinan besar dinamo stater mobil Anda bermasalah atau tidak bekerja sebagaimana mestinya. Ada beberapa tanda yang dapat Anda ketahui jika dinamo starter pada mobil Anda bermasalah. Yang pertama yaitu, lampu pada mobil Anda mati ketika starter dinyalakan. Hal ini bisa terjadi karena baterai mobil mungkin belum diisi dayanya. Jika daya baterai sudah diisi, kemungkinan ada arus pendek yang menyebabkan starter menarik banyak daya. Kemungkinan lainnya bukan starter yang rusak, melainkan mesin mobil Anda.

Tanda selanjutnya yang bisa Anda ketahui adalah, terdengar bunyi yang gemeretak biasanya diakibatkan dari adanya kaitan antara gigi pada gear pinion dengan gigi yang terdapat pada ring gear mesin. Ketika Anda menemukan 2 gear pada dinamo starter itu rusak atau aus, tentu akan menimbulkan suara yang gemeretak.

Selanjutnya, yaitu aki yang sudah habis. Ketika aki mobil mulai soak, maka akan berdampak pada sistem starter mobil yang mulai melambat dan tidak memacu suatu sistem perapian. Kondisi seperti ini sangatlah mudah untuk dikenali lantaran ketika Anda menyalakan mobil akan muncul suara starter yang tidak normal atau putus-putus. Hal itu menandakan bahwa voltasenya tidaklah cukup atau bahkan sangat menurun.

Tanda terakhir yaitu, kemungkinan terbesar penyebab kerusakan adalah putusnya sekring di bagian dinamo. Sekring yang terputus biasanya akan menandakan bahwa jalur kelistrikannya akan mengalami korsleting atau hangus terbakar. Kondisi tersebut biasanya akan memicu munculnya carbon brush dan gulungan tembaga yang biasanya akan ikut terbakar.

Baca Juga, Mesin Yang Bisa Melacak Data Dari Mobil Dikembangkan Di Negri Tirai Bambu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here