Fungsi Rantai pada sepeda motor Anda merupakan komponen vital pada sepeda motor yang menghubungkan tenaga mesin ke putaran roda belakang sehingga bisa berjalan. Selain itu, rantai motor sebagai media untuk meneruskan putaran mesin dari counter shaft transmisi ke bagian roda belakang. Dimana rantai tersebut akan bekerja dengan memanfaatkan gir atau spocket. Dengan begitu roda belakang pun akan bisa berputar dengan semestinya dan mempermudah dalam berkendara.

Cepat atau lambat seiring dipakainya motor, rantai motor akan mengalami kendur. Sedangkan rantai motor yang kendur ini bisa mengganggu kita dalam berkendara seperti motor yang berisik sampai tenaga dari motor yang bisa berkurang akibat rantai motor kendur. Namun, masih banyak yang lalai memerhatikan komponen ini sehingga rantai motor cepat kendor atau bahkan putus. Nah, berikut cara mengatasi rantai motor Anda yang kendor. Mari kita simak!

Cara mengatasi rantai yang kendur pada motor Anda adalah dengan menggunakan kunci ring untuk kedua mur as roda pada bagian kiri dan kanan. Anda putar salah satu bagian tersebut dengan kunci, gunakan kunci sisi lainnya untuk menahan perputaran. Memang biasanya saat baru mengendurkan ini akan berat dan keras. Dengan itu, Anda bisa mengentakkan kunci tersebut atau juga bisa dibantu dengan memukul kunci agar bisa terputar. Setelah kunci terputar pertama tentu saja untuk proses selanjutnya akan semakin mudah. Jangan terlalu mengendurkan mur roda karena bisa-bisa roda menjadi lepas. Ingat, hal ini hanya ingin membuat roda belakang menjadi mudah untuk dimaju dan mundurkan.

Kemudian, Anda bisa mengendurkan baut pada braket kaliper. Hal ini hanya berlaku bagi Anda yang memiliki motor dengan rem belakang cakram. Jika motor Anda menggunakan rem cakram maka Anda harus mengundurkan dulu batu briket dari kaliper rem belakang. Baut braket ini biasanya berada di swing arm suspensi belakang di sisi kanan roda. Anda bisa melepas baut ini dengan kunci ring, jika dirasa kesulitan Anda bisa menggunakan kunci shock untuk mengendurkan baut braket kaliper ini.

Berikutnya setelah semua baut yang berhubungan dengan rantai diatas sudah berhasil dikendurkan, proses penyetelan rantai akan segera dimulai. Cara menyetel rantai motor ini anda lakukan dengan cara memutar dua mur adjuster yang ada di ujung swing arm roda motor. Terakhir, Anda bisa mengencangkan semua mur bautnya lagi.

Baca Juga, Cari Tahu Ciri-ciri Rantai Motor Anda Rusak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here