Standar motor adalah salah satu komponen yang sangat penting bagi motor Anda. Semua orang pasti tahu kegunaan standar motor. Selain standar samping, beberapa motor juga dilengkapi dengan standar tengah. Namun, kebanyakan orang menganggap bahwa sudah cukup menggunakan standar samping saja yang dinilai lebih praktis dibandingkan dengan standar tengah.

Sepeda motor pada umumnya memiliki 2 jenis standar, yaitu standar samping dan juga tengah. Keduanya memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Beberapa orang lebih memilih untuk menggunakan standar motor tengah dalam beberapa hal. Namun, masalah yang sering kerap terjadi yakni pada bagian standar tengah yang keras atau macet. Nah, berikut beberapa cara untuk mengatasi standar motor tengah yang keras dan sulit untuk dipakai. Mari kita simak berikut penjelasannya!

Untuk Anda yang sedang mengalami masalah standar tengah yang sudah tidak berfungsi dengan baik maka untuk solusi terbaiknya yang dapat dilakukan ialah dengan menyemprotkan cairan pembersih karat atau anti korosi yang bisa Anda dapatkan di toko/bengkel motor disekitar Anda tinggal. Banyak aneka ragam yang dijual diberbagai toko atau bengkel motor, untuk harga tergantung ada yang murah dan juga ada yang mahal, untuk harga sekitar 30 hingga 50 ribuan untuk ukuran sedang.

Untuk caranya yaitu, Anda dapat melepaskan per pengikat standar, kemudian melumasi bagian lubang standar memakai cairan pembersih karat lalu menggerak-gerakkan naik turun sampai karat rontok dan menyemprotnya secara berulang-ulang memakai cairan tersebut. Jika Anda merasa standar tegah motor sudah kembali sempurna, Anda bisa memasang kembali per pengikat ke posisi semula.

Jika Anda ingin hasil yang lebih sempurna lagi, Anda bisa melepaskan standar tengah terlebih dahulu sampai terlepas sempurna, membersihkan bagian yang karatan dengan menggunakan amplas dan cairan pembersih karat sampai benar-benar bersih, kemudian jangan lupa untuk memberikan pelumasan dan memasangnya kembali.

Faktor standar tengah Anda yang macet adalah memang jarak As pada standar itu terlalu kecil jadi hampir tidak ada jaraknya. Selain itu, pada saat cuci motor juga sangat mempengaruhi. Sebab, kalau air masuk sampai ke As hal tersebut dapat menimbulkan karat sehingga standar jadi macet.

Baca Juga, Simak! Cara Pakai Standar Samping Motor Dengan Aman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here