Kunci kontak motor memiliki peranan sangat penting, baik dari sisi keamanan dan juga pengoperasian sepeda motor. Banyak pengguna sepeda motor yang hanya tertarik pada perawatan mesin saja. Padahal bagian lain juga sangat penting untuk perawatan dan salah satunya adalah kunci kontak motor.

Resiko yang bisa Anda alami jika tidak hati-hati dalam merawatnya adalah akan cepat lepas dan akhirnya kunci pada kontaknya mudah lepas. Anda tentu tidak ingin kunci Anda tiba-tiba hilang entah kemana saat berkendara di jalan umum. Inilah sebabnya mengapa Anda harus secara teratur memperbaiki kunci kontak motor Anda. Merawatnya agar tetap kuat merupakan hal yang tidak terlalu sulit dan Anda hanya perlu beberapa menit untuk merawatnya. Nah, simak yuk cara merawat kunci kontak motor yang baik dan benar yang sudah dirangkum oleh Otodiva.com untuk Anda.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan dalam merawat kunci kontak motor adalah dengan melumasi lubang kunci kontak dengan menyemprotkan cairan penetran. Ini akan membuat kunci kontak bisa tetap berfungsi normal. Namun ingat, jangan pakai oli bekas yang justru bisa mengotori kunci. Minyak goreng bisa menjadi solusi alternatif untuk Anda, selain gampang didapatkan ini juga dapat merawat kunci kontak motor dengan mudah.

Kemudian, jangan coba-coba untuk memaksakan kunci kontak saat tiba-tiba macet tak bisa diputar. Karena, hal ini dapat berisiko membuat lubang kunci rusak dan longgar. Jika kunci macet, coba semprotkan pelumas atau teteskan oli dan tunggu beberapa menit. Jika sudah, coba putar kembali kunci motor.

Terakhir, cara yang mudah namun sangat disepelekan dan juga diabaikan bagi para pengguna sepeda motor. Jangan lupa untuk selalu menutup kunci kontak motor, hal ini bertujuan agar lebih aman dan supaya lubang kunci tidak kemasukan air atau debu. Ingat, air dan debu yang masuk pada lubang kunci bisa menyebabkan bagian dalam lubang kunci rusak atau berkarat dan nantinya bisa mengganggu pemakaiannya.

Dengan menggunakan gantungan kunci juga berfungsi untuk membantu Anda agar lebih mudah menemukan kunci saat lupa menaruhnya. Tapi ingat, gantungan pada kunci yang terlalu berat bisa membuat lubang menjadi longgar. Jadi, jangan gunakan yang besar atau berat, ya.

Baca Juga, Bisa Bahaya, Jangan Biarkan Rantai Motor Anda Kendur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here