Sebelumnya telah beredar kabar dari media jerman, Speedweek.com bahwa Sirkuit Mandalika akan menggelar MotoGP seri kedua pada 13 atau 20 Maret 2022. Chief Strategic and Communication MGPA (Mandalika Grandprix Association), Happy Harinto, membenarkan bahwa Sirkuit Mandalika masuk kalender sementara MotoGP 2022.

Dilansir dari OtoTempo, menurut Happy, saat ini MGPA tengah berkonsentrasi penuh terhadap persiapan teknis sarana serta prasarana yang berhubungan dengan teknis balapan yang dipersyaratkan oleh FIM. 

“Saat ini kami sedang mengatur Race Control elektronik yang mana peralatan ini sangat penting sekali dalam kegiatan balap. Selain itu kami bersiap meng-install Pit Building Modular (Bongkar Pasang) yang semuanya di hasilkan dari produk dalam negeri,” pungkasnya.

MotoGP musim 2022 akan pertama kali akan digelar di Sirkuit Losail, Qatar pada 6 Maret 2022. Lalu akan dilanjutkan seri Argentina dan Texas pada April 2022.

Selain masuk Kalender sementara MotoGP 2022, Sirkuit Mandalika juga sudah terkonfirmasi akan menjadi venue tes pramusim tahun depan. Ada dua lokasi yang ditetapkan Dorna Sports sebagai lintasan untuk tes pramusim, yakni Sirkuit Sepang, Malaysia dan Sirkuit Mandalika, Indonesia. Rencananya pre-test di Mandalika akan digelar pada Februari 2022.

Namun ini baru bocoran kalender sementara dan belum secara resmi dirilis oleh Dorna Sports. Kemudian seri yang digelar di Asia juga bisa saja dibatalkan apabila kondisi pandemi Covid-19 masih belum terkendali. 

Selain menggelar balap MotoGP, Sirkuit Mandalika juga akan menggelar kejuaraan dunia balap superbike (World Superbike/WSBK) pada pertengahan 12-14 November 2021. 

Berikut adalah kalender sementara MotoGP musim 2022.

06 Maret: Sirkuit Losail, Qatar

13 atau 20 Maret: Sirkuit Mandalika, Indonesia

03 April: Termas de Río Hondo, Argentina

10 April: Sirkuit Amerika, Texas

24 April: Portimão, Portugal

01 Mei : Jerez, Spanyol

15 Mei: Le Mans, Prancis

29 Mei: Mugello, Italia

5 Juni: Catalunya, Spanyol

19 Juni: Sachsenring, Jerman

26 Juni: Assen, Belanda

Baca juga : Intip Spesifikasi Motor ATV CFMoto 800MT 2022, Gunakan Mesin KTM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here