Perawatan pada mobil pribadi adalah menjadi hal yang wajib untuk Anda yang memiliki kendaraan roda empat. Komponen pada mobil yang perlu untuk diperhatikan adalah radiator mobil. Sebagian orang mengabaikan perawatan radiator pada mobilnya, padahal jika radiator tidak dibersihkan secara rutin, akan berpotensi cepat rusak. Maka dari itu, dibawah ini Otodiva.com telah merangkum beberapa cara mudah untuk Anda membersihkan radiator pada mobil pribadi Anda. Yuk simak!

Sebelum mengetahui cara membersihkan radiator mobil, ketahui dulu yuk fungsi radiator. Dalam menstabilkan kondisi komponen kendaraan memang perlu dilakukan, apalagi untuk jenis roda empat. Pasalnya, mesin pada kendaraan ini seringkali alami overheating atau kenaikan suhu jika dinyalakan terus menerus. Untuk mengatasinya, pabrikan kendaraan bermotor mengeluarkan sebuah komponen bernama radiator. Mengingat fungsi air radiator untuk mendinginkan mesin agar temperaturnya tetap stabil, sehingga Anda tidak boleh sembarangan memilih dan harus menyesuaikan rekomendasi dari pabrikan. Ingat pula, untuk tidak mudah tergoda dengan warna air radiator. Pasalnya, warnanya tersebut tidak berpengaruh sama sekali pada kualitas yang dimilikinya.

Nah, setelah tau fungsi penting radiator pada mobil Anda. Sekarang ketahui cara mudah membersihkan radiator mobil, diantaranya yaitu:

Langkah pertama yaitu dengan menyiapkan alat-alat dan mendinginkan mesin mobil Anda. Ketika akan membersihkan radiator, pastikan untuk menyiapkan alat yang dibutuhkan. Contohnya yaitu peralatan membersihkan mobil serta cairan coolant yang baru. Jangan lupa untuk mendinginkan mesin mobil sebelum membersihkan bagian radiator mobil. Lalu, buanglah cairan radiator sebelumnya.

Langkah selanjutnya, yang harus Anda lakukan adalah memastikan untuk menguras habis cairan di dalam radiator sebelumnya. Caranya yaitu dengan membuka kran radiator yang ada di bawah tangki, biarkan cairannya keluar terbuang hingga habis.

Berikutnya, pastikan untuk membersihkan bagian core tank pada bagian radiator. Komponen ini merupakan bagian inti radiator yang bertanggungjawab atas proses penstabilan suhu di dalam kendaraan bermobil.

Kemudian, Anda bisa mengecek radiator. Pada saat Anda memanaskan mesin, pastikan air yang ada di tangki radiator keluar semua. Sehingga nantinya ketika air radiator sudah habis semua, radiator hendaknya diisi kembali dengan cairan yang baru. Pastikan agar kipas radiator selalu menyala sebagai tanda bagian tersebut telah benar-benar bersih.

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan membenahi bagian mobil yang dibongkar. Pastikan untuk memasang berbagai bagian-bagian yang tadinya dibongkar dalam rangka membersihkan radiator mobil. Dengan melakukan berbagai langkah-langkah di atas, pastinya radiator mobil Anda bisa senantiasa awet dan tahan lama. Jadi, rajin-rajinlah untuk membersihkan radiator mobil agar nantinya tidak mengalami kerusakan.

Baca Juga, Ini Dia Penyebab Umum Kebocoran Cairan Pendingin Pada Radiator

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here