Ternyata banyak yang belum sadar bahwa velg mobil telah menjadi salah satu komponen penting bagi keselamatan dan keamanan dalam berkendara. Velg atau pelek ini berfungsi sebagai kaki-kaki yang menjadi dudukan ban sehingga dapat menjadi penopang beban kendaraan. Tak hanya dari sisi keselamatan dalam berkendara, velg juga menjadi komponen yang seringkali diganti ketika memodifikasi mobil. Meski berada di bagian bawah, nyatanya keberadaaan velg ini bisa menambah variasi tampilan eksterior menjadi lebih menarik. Nah, dibawah ini ada jenis velg mobil yang bagus dan cocok untuk modifikasi oleh banyak orang. Yuk simak!

Dalam memodifikasi velg mobil adalah hal yang tidak boleh disepelekan, ada aturan tersendiri yang harus diperhatikan. Hal ini bertujuan agar Anda tetap aman, dan nyaman dalam berkendara. Jenis velg pertama yang cocok untuk modifikasi adalah Alloy Wheel merupakan tipe yang banyak digunakan pada kendaraan roda empat. Karena velg yang satu ini memiliki bobot fisik ringan nan sporty, namun juga mampu menahan bobot kendaraan sangat baik. Berkat keunggulannya, pasar mematok dengan harga jauh lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya. Kelebihan lainnya terlihat dari tampilan fisiknya yang mengkilap dan mampu memberikan kesan mewah.

Selanjutnya, ada Iron Cast Wheel. Beberapa orang mengenal velg yang satu ini dengan sebutan velg racing. Sesuai dengan pemberian namanya, Iron Cast Wheel dibuat dari besi yang dicairkan lalu dicetak. Besi yang digunakan tentunya memiliki kualitas baik, sehingga velg satu ini kuat menopang tubuh kendaraan tanpa ditemukan bengkok. Dari segi desain yang dihadirkan tampak stylish dan banyak varian, sehingga tidak mengherankan jika velg satu ini banyak diincar di pasaran.

Kemudian, ada velg Spoke Wheel. Jenis pelek ini terlihat unik karena memiliki hiasan rangkaian rangka baja yang telah disusun sedemikian rupa pada beberapa sudutnya. Tak cuma unik dari sisi tampilan, spoke wheel juga diklaim kuat menopang tubuh kendaraan beserta dengan beban penumpangnya. Bahkan, spoke wheel juga dapat memberikan kesan empuk sekalipun mobil sedang menempuh jalanan yang tidak mulus.

Terakhir, yaitu ada velg press kaleng. Tipe velg yang pertama ini sudah populer dipakai pada mobil niaga baik truk maupun pick up, dan beberapa mobil LCGC. Meski kurang menarik dari sisi tampilan karena bentuknya rata dan hanya dihiasi dengan beberapa lubang kecil pada bagian permukaan rimsnya, tetapi dari harganya velg kaleng lebih murah. Soal kekuatannya akan sangat tergantung dari material pembuatannya dan jenis kendaraan. Misalnya, pada mobil LCGC biasanya terbuat dari aluminium dan baja serta untuk mobil truk akan terbuat dari besi yang lebih tebal. 

Baca Juga, Cara Memodifikasi Mobil Bekas Tampak Lebih Kece!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here