Adanya komponen lampu hazard pada setiap mobil tentunya memiliki fungsi yang penting, namun siapa sangka lampu ini sering disalahgunakan oleh sebagian pengendara. Salah satunya adalah penggunaan lampu darurat saat hujan lebat atau kabut di jalan. Padahal, saat ini masih banyak pengendara yang sengaja menyalakan high beam berbahaya saat hujan, berkabut, bahkan salah jalan juga bisa membahayakan. Lampu hazard sering juga disebut dengan lampu darurat, namun kondisi darurat yang dimaksud disini sebenarnya tidak termasuk kondisi jalanan yang hujan atau berkabut.

Kurangnya pemahaman terhadap fungsi lampu hazard membuat pengendara lain merasa resah. Sebab masih banyak pengendara mobil yang menyalakan lampu tanda bahaya tersebut di saat yang kurang tepat. Alhasil kendaraan yang berada di bagian belakangnya pun kesulitan untuk menebak laju kendaraan di depannya dan kebingungan menentukan laju kendaraannya sendiri. Nah, dibawah ini Otodiva.com telah merangkum beberapa cara yang benar dalam menggunakan lampu hazard. Yuk simak!

Pertama yang harus Anda lakukan, Anda bisa menyalakan lampu hazard jika mengalami masalah di jalan dan harus menepi. Lampu hazard yang menyala akan memberi peringatan bagi pengendara di belakang kendaraan Anda. Memberitahu dan memberi peringatan untuk kendaraan yang di belakangnya kalau di depan ada gangguan, seperti kecelakaan lalu lintas, tanah longsor, dll.

Lalu bagaimana jika saat mengemudi berhadapan dengan hujan, berkabut, melewati terowongan atau perempatan? Anda cukup nyalakan lampu senja atau lampu utama. Jika jarak pandang tak cukup jelas, kurangi kecepatan. Jika menyalakan hazard, selain membuat bingung, cahayanya membuat pengendara lain silau. Begitu pula jika Anda hendak melewati perempatan. Anda tak perlu menyalakan hazardn. Pasalnya dengan tidak ada lampu sein yang menyala, Anda sudah memberitahu akan berjalan lurus. Intinya jangan sampai perbuatan yang salah kaprah justru diikuti dan membuat rancu fungsi utama dari piranti safety.

Baca Juga, Bohlam Lampu Mobil Sering Putus? Ini Solusinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here