Untuk beberapa pengemudi roda dua, rem merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Meskipun begitu faktanya, walaupun pengendara menganggap penggunaan rem itu mudah, teknik pengereman yang baik dan benar masih belum dikuasai oleh kebanyakan dari pengendara sepeda motor roda 2. Baik rem depan dan rem belakang harus berfungsi secara optimal agar kendaraan yang kamu miliki bisa berfungsi dengan baik.

Fungsi rem yang berjalan dengan baik merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh kendaraan bermotor. Sepeda motor dikatakan layak jalan jika memiliki fungsi rem yang berjalan dengan baik, tanpa adanya masalah. Nah, Otodiva.com telah merangkum cara aman untuk Anda yang ingin rem mendadak saat berkendara motor. Simak yuk tipsnya!

Cara aman dalam melakukan rem mendadak saat berkendara motor yang pertama yaitu Anda harus tetap tenang dan hindari panik dalam mengerem. Hal ini bertujuan agar tidak berimbas pada laju kendaraan yang tidak terkendali. Kemudian, jangan menekan atau menginjak tuas rem pada sepeda motor Anda terlalu keras, karena secara mendadak pada saat laju kendaraan sedang tinggi hal itu akan menyebabkan roda kendaraan slip sehingga laju motor menjadi tidak terkendali. Rem yang paling efektif untuk mengurangi laju motor adalah rem depan, sementara rem belakang digunakan sebagai penyeimbang.

Cara selanjutnya, yaitu dengan meletakkan semua jari Anda pada grip stang motor. Jangan melektakkan jari tangan Anda pada tuas rem, hal ini sudah menjadi kebiasaan banyak pengemudi motor.

Terakhir, lebih baik Anda melakukan pengereman dengan kedua tangan. Kedua tangan yang dimaksud adalah rem depan dan rem belakang secara bersamaan. Kadang kita hanya terbiasa menggunakan rem belakang, atau depan, tapi pengereman yang benar adalah menggunakan kedua rem depan dan belakang secara bersamaan. Hal ini menjadikan pengereman lebih optimal dan tentunya kendaraan sepeda motor menjadi lebih stabil. Perlu diingat bahwa jangan memaksakan diri untuk menggunakan rem depan sekuat-kuatnya dalam mengendarai sepeda motor.

Baca Juga, Waspada Cuaca Ekstrem, Ini Hal yang Harus Diperhatikan Pengendara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here