Bencana gempa bumi mungkin saja tiba-tiba akan terjadi. Kejadian gempa mungkin tidak dapat diprediksi oleh masyarakat umum. Bahkan ketika menjalani aktivitas harian, tidak pernah akan terpikir akan terjadi gempa.

Gempa bumi adalah getaran yang menjalar melalui medium kulit bumi. Getaran tersebut dapat disebabkan oleh banyak hal. Misalnya meletusnya gunung, tumbukan meteor, atau ledakan besar yang teradi dibawah tanah. Namun sejauh ini, penyebab paling umum yang dapat memicu gempa bumi adalah gesekan karena gerakan lempeng tektonik. Namun, jika gempa terjadi saat Anda sedang berkendara khususnya roda dua di jalan, apa yang harus Anda lakukan? Ada baiknya tetap bersiap diri kalau suatu waktu gempa bumi terjadi agar tidak banyak korban jiwa yang jatuh ketika gempa. Nah, dibawah ini Otodiva.com telah merangkum tips jika gempa bumi terjadi saat Anda sedang berkendara motor. Yuk simak tipsnya!

Berkendara ketika terjadi bencana alam seperti gempa bumi membutuhkan usaha besar agar tetap aman berada di jalan raya. Berkendara motor saat gempa lebih berbahaya karena pergerakan tanah mengganggu keseimbangan pengendara roda dua. Cara yang harus Anda lakukan jika terjadi gempa saat mengendarai motor adalah menepi ke tempat yang aman. Hal ini bertujuan agar Anda tidak terkena kecelakaan. Maksud tempat yang aman adalah hindari bangunan – bangunan tinggi, tiang listrik, pohon atau parkir mobil karena mobil bisa saja terguling jika gempa yang terjadi cukup besar. Pada intinya, cari lah lapangan yang kosong atau luas, dan berlindung lah.

Cara selanjutnya adalah sebisa mungkin hindari rasa panik. Karena dengan hal ini rasa panik yang Anda rasakan tidak bisa membuat kita melakukan prosedur pengamanan dengan benar. Lalu, Hidupkan radio untuk pantau kabar terbaru mengenai gempa bumi yang terkait. Kalau jaman sekarang, kita bisa menggunakan smartphone untuk pantau semua informasi terkait gempa bumi.

Terakhir, perhatikan bahaya yang diciptakan oleh gempa bumi tersebut. Gempa bumi bisa mengakibatkan retakan di jalan atau trotoar, tiang kabel yang turun, naiknya permukaan air, jalan layang yang ambruk, dan jembatan yang roboh.

Baca Juga, Ladies, Ini Tips Berkendara Menyenangkan Di Akhir Pekan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here