Bersepeda dapat mengoptimalkan kinerja sistem kardiovaskular, yaitu jantung dan pembuluh darah. Dengan bersepeda, bisa membantu Anda memperkuat otot jantung dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Bersepeda kini menjadi trend di Indonesia. Ada orang yang bersepeda jarak jauh, ada juga yang membawa sepedanya dengan mobil ke tempat bersepeda. Namun membawa sepeda di mobil ini tidak bisa dianggap enteng, sebab cukup berisiko jika tidak dilakukan dengan benar. Nah, dibawah ini Otodiva.com telah merangkum cara mudah dalam membawa sepeda menggunakan mobil dengan benar. Yuk kita simak!

Jika Anda membawa sepeda lipat (folding bike) di dalam mobil bukan masalah besar. Dalam kondisi dilipat, folding bike bisa dimasukan di bagasi semua jenis mobil, dari hatchback, sedan, MPV sampai SUV dengan berbagai ukuran. Namun, jikalau sepeda Anda jenis road bike atau mountain bike, Anda tidak bisa membawanya di dalam kabin mobil jenis hatchback atau sedan. Nah ini dia nih langkah-langkah yang bisa Anda ikuti, diantarannya yaitu:

Langkah pertama yaitu, Pengguna mobil harus mengetahui payload atau daya angkut maksimal dari setiap mobil pribadi agar terhindar dari kelebihan beban. Setelah itu, Anda bisa memasukkan sepeda ke dalam mobil dengan mudah. Namun, jangan Anda paksa masuk sepeda yang besar, sebab hal ini dapat merusak panel interior pada mobil Anda. Lalu, jangan juga Anda membiarkan sepeda berdiri atau tergeletak di dalam mobil tanpa pemegang dan pengikat untuk mencegah sepeda bergerak. Anda bisa memastikan seluruh penumpang dapat duduk nyaman dan aman tanpa terganggu dengan keberadaan sepeda. Anda harus memperhatikan peletakan sepeda yang dapat menghalangi pandangan pengemudi khususnya di bagian belakang kendaraan.

Selain dengan menaruhnya di dalam kabin mobil, Anda juga bisa memanfaatkan bike rack pada mobil Anda. Aplikasi rak sepeda di belakang atau trunk rack mewajibkan pengguna untuk memperhatikan beberapa hal penting, seperti panjang mobil yang bertambah dan perlu memperhatikan lebih saat parkir, mengurangi akses ke bagasi khususnya jenis sedan dan membatasi daya pandang pengemudi ke belakang. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan panjang sepeda untuk memastikan tidak melewati lebar mobil pribadi agar tidak menghalangi pandangan spion samping dan mencegah kecelakaan akibat terlalu lebarnya sepeda.

Baca Juga, Tips Gunakan Aksesori Pada Mobil Agar Tampilan Lebih Menarik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here