Aurora Tech merupakan salah satu perusahaan rintisan (startup) yang mengembangkan teknologi di bidang kendaraan swakemudi. Perusahaan ini telah memperluas pengujian dan pengembangan truk ke Dallas-Fort Worth Area di Texas, AS. Diketahui, Aurora baru-baru ini mengakuisisi divisi self-driving Uber dan bermitra dengan Paccar. Atas kemitraan terbarunya dengan Volvo tersebut, kini mereka bermitra dengan perusahaan yang menjual hampir menguasai 50 persen truk Kelas 8 di Amerika Serikat. Kesepakatan tersebut akan berlangsung selama beberapa tahun. Aurora didirikan oleh mantan eksekutif Google, Tesla, dan Uber, termasuk Chris Urmson, yang membantu merintis inisiatif mobil tanpa pengemudi di Google.

Namun, Aurora Tech tidak seperti beberapa pesaingnya yang lain. Perusahaan ini akan menyediakan layanan truk kargo otonom dan robotaxi, dengan mengatakan kombinasi tersebut akan menurunkan biaya. Aurora juga yakin memberikan aliran pendapatan yang lebih besar, dan memungkinkan transfer teknologi. Truk otonom produksi Aurora Tech ini ingin membangun bisnis yang menguntungkan dan terukur yang mendanai pengembangan lebih lanjut dari layanan transportasi online dan menurunkan biaya perangkat keras.

Perusahaan kendaraan otonom (AV) belum menghasilkan pendapatan yang signifikan meskipun investor telah menggelontorkan miliaran dolar untuk pengembangan mereka. Pengemudi truk saat ini menyumbang lebih dari 40% biaya per mil, namun mereka hanya dapat mengemudi tidak lebih dari 11 jam per hari. Semua batasan ini tidak berlaku untuk truk otomatis.

Aurora mengharapkan teknologinya terintegrasi ke dalam truk kelas 8 Volvo dan Paccar pada akhir tahun 2023. Truk-truk otonom tersebut akan segera beroperasi secara mandiri di jalan raya dan jalan bebas hambatan. Tidak hanya itu, truk ini juga akan menghasilkan pendapatan per mil untuk Aurora. Setelah truk otonom ini rilis dan beroperasi penuh pada tahun 2023, Aurora Tech juga akan berencana mengeluarkan robotaxis yang akan menyusul pada setahun setelahnya. Aurora Tech telah memperkirakan pasar truk global, memiliki peluang yang sangat besar. Ini yang pembuat pabrik mobil seperti GM, Tesla dan Volkswagen juga terus menginvestasikan miliaran untuk mengembangkan kendaraan otonom.

Baca Juga, Mobil Otonom Masih Berbahaya? Ini Penjelasannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here