Mobil listrik dianggap sebagai kendaraan masa depan yang dinilai lebih bebas polusi dan dapat membantu menghasilkan udara yang bersih. Menurut data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), emisi CO2 dari BEV atau mobil listrik murni hanya 0-5 gram/km. Sementara emisi CO2 dari mobil konvensional mencapai 125 gram/km. Selain minim polusi udara, penggunaan mobil listrik juga minim polusi suara. Tingkat kebisingan mobil listrik hanya 21 desibel, dimana berbanding jauh dengan tingkat kebisingan mobil konvensional. Sehingga, saat ini beberapa negara seperti Inggris akan mulai beralih ke mobil ramah lingkungan beberapa tahun mendatang.

Pria di Inggris yang bernama Matthew Quitter, memiliki mobil klasik tua oswald. Oswald adalah mobil Morris Minor 1953 berwarna hitam. Tapi dia terdengar lembut setelah bahan bakar fosilnya diganti dengan motor listrik daur ulang. Sebelumnya, mesin bensin mobil berusia 68 tahun itu akan menutupi sebagian besar suara yang berisik. Quitter telah berhasil mengubah mobil klasik tuanya menjadi mobil tenaga baterai. Ia telah mendirikan sebuah perusahaan bernama London Electric Cars pada tahun 2017. London Electric Cars saat ini mengenakan biaya sekitar 20.000 pound sterling per konversi, jadi itu tidak murah. Tetapi perusahaan mengatakan mereka ingin menurunkan biaya itu menjadi 5.000 pound sterling (Rp96 juta) agar terjangkau bagi lebih banyak orang.

Dengan adanya perubahan mobil berbahan bakar bensin menjadi mobil listrik merupakan salah satu tujuan perusahaan mobil di seluruh dunia. Ini dikarenakan kendaraan berbahan bakar fosil menyumbang tingkat pemanasan global dan kurang ramah lingkungan. Namun, perubahan tersebut masih belum sepenuhnya diterima sebagian besar masyarakat dunia. Masih banyak masyarakat yang khawatir saat menggunakan mobil listrik dalam perjalanan jarak jauh karena susah mendapatkan stasiun pengisi daya, khususnya di Indonesia. Masih banyak pencinta mobil klasik yang tidak ingin kehilangan koleksinya. Ini menjadi salah satu penyebab kenapa seseorang tidak ingin berpindah ke mobil listrik. Melihat alasan di atas, perusahaan Inggris, mengembangkan teknologi perubahan dari mobil berbahan bensin menjadi mobil listrik.

Baca Juga, Kepoin Koleksi Mobil Mewah Milik Kylie Jenner!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here