Seluruh pengendara kendaraan roda dua khususnya sepeda motor diminta agar lebih fokus lagi saat berkendara. Namun, fokus saja saat berkendara tidaklah cukup. Perlu juga ditunjang dengan ketajaman mata, ruang lingkup mata, dan beberapa gangguan penglihatan saat berkendara.

Para pengendara motor harus mementingkan ketajaman mata. Pasalnya ketajaman mata seseorang bertolak belakang dengan kecepatan saat berkendara. Jika semakin kencang maka ketajaman mata seseorang akan berkurang. Akan tetapi, bagaimana jika penglihatan Anda kurang baik? Atau biasa disebut minus. Apalagi saat ini, hujan sering mengguyur jalanan ibu kota khususnya pada daerah Jabodetabek. Nah, dibawah ini Otodiva.com akan menjelaskan cara aman dalam berkendara sepeda motor menggunakan kacamata. Yuk simak!

Mata minus atau rabun jauh (miopia) merupakan penyakit mata yang banyak dialami, bersama mata plus atau rabun dekat (hipermetropi). Penderita kedua penyakit itu merasa kesulitan dalam melihat objek yang berada di depannya. Saat hujan, visibilitas sudah berkurang banyak, bila ditambah masalah kacamata bisa jadi kondisi semakin berbahaya. Nah, salah satu cara aman untuk Anda pengendara motor yang memiliki mata minus adalah menggunakan kacamata yang nyaman untuk Anda gunakan saat berkendara. Bisa Anda pastikan, kacamata itu cocok dengan minus mata Anda, juga Anda bisa memilih jenis frame kacamata yang tidak terlalu besar. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu saat berkendara di kala hujan.

Selanjutnya, pastikan Anda selalu menggunakan helm. Terlepas dari itu, memang helm sudah jadi kewajiban dalam berkendara. Hal ini dapat berfungsi untuk membantu Anda berkendara saat hujan. Nah cara terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu kaki Anda sudah harus bersiap pada tuas atau pedal rem sehingga pengendara dapat merespon dengan tanggap jika memang harus menurunkan kecepatan. Namun, sebaiknya Anda hindari pengereman mendadak atau terlalu keras. Hal ini bisa berpotensi untuk menyebabkan Anda tergelincir, karena jalanan yang basah dan licin akibat hujan. Demi keselamatan Anda, dan pengendara lain yang ada di jalan.

Baca Juga, Simak! Tips Berkendara Motor Jika Tiba-Tiba Terjadi Gempa di Jalan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here