Bagi pengguna kendaraan khususnya kendaraan roda empat, aktivitas tune up mobil merupakan salah satu hal wajib yang bisa Anda lakukan jika ingin kendaraan selalu berada dalam kondisi prima. Namun, terkadang kendala waktu menjadi penyebab utama sebagian besar pemilik kendaraan enggan untuk melakukan tune up mobil. Salah satu kendalanya mungkin ada pada biaya dalam servis tune up mobil.

Walaupun biasanya tune up mobil dilakukan di bengkel, namun Anda bisa juga melakukan tune up mobil sendiri di rumah. Mengingat masa pandemi seperti saat ini, aktivitas di bengkel dibatasi lantaran adanya penerapan PPKM. Nah, simak yuk tips dibawah ini untuk tune up mobil sendiri di rumah yang telah Otodiva.com untuk Anda, diantaranya yaitu:

Sebelum mengetahui cara tune up mobil dirumah, Anda harus mengetahui fungsi dari tune up mobil tersebut. Dengan secara rutin untuk melakukan tune up mobil, berfungsi untuk memastikan komponen filter udara. Dengan tune up, maka fungsi saringan udara di dalam mesin mobil tetap terjaga secara baik. Selain itu, performa mesin mobil Anda bisa terjaga secara baik apabila dilakukan tune up mobil secara rutin.

Selain menjaga performanya, kelebihan mobil rutin di tune up yaitu meningkatkan tenaga yang dihasilkan. Tune up adalah solusi untuk memperpanjang usia pakai mobil Anda. Hal ini dikarenakan tune up bisa menjaga performa mobil seperti masih baru. Meski mobil Anda adalah keluaran tahun lama, namun saat digunakan, tenaganya tetap terjaga secara baik jika rajin mengecek kondisi mesin melalui tune up.

Nah, setelah mengetahui manfaat dari tune up mobil sekarang kita lanjut untuk mengetahui cara tune up mobil sendiri di rumah. Sebelumnya, pastikan Anda sudah menyiapkan alat – alat yang akan dibutuhkan ya, seperti obeng, kunci pas, kunci ring, pengukur celah, Amplas, timing light, tes kompresi, dan kain lap atau kanebo.

Langkah pertama yaitu dengan membersihkan filter udara. Caranya yaitu Anda bisa mencucinya menggunakan sabun dengan bersih. Setelah itu Anda bisa keringkan hingga tidak ada air yang tersisa. Jika sudah, kembalikan filter udara tersebut ke tempat semula.

Kemudian, cek kondisi busi pada mobil Anda. Setelah itu Anda bisa mengganti oli mesin, ini merupakan salah satu hal penting dalam melakukan tune up mobil.

Selanjutnya, jangan lupa untuk mengecek kondisi aki dan radiator pada mobil Anda. Pastikan tabung terisi oleh air radiator.

Terakhir, saat Anda melakukan tune up sendiri di rumah, Anda juga harus menyetel idle dan pengapian. Caranya adalah memutar bagian distributor ketika mobil dalam kondisi menyala. Cukup mudah bukan?

Baca Juga, Bikin Untung, Ini Cara Manfaatkan Mobil Pribadi Anda Untuk Usaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here