Menggunakan kendaraan pribadi untuk berpergian memang dianggap menjadi solusi untuk beberapa pemilik mobil. Namun, tidak jarang beberapa dari mereka lebih memilih untuk menggunakan transportasi umum, seperti kereta api dan pesawat terbang, untuk menghindari kemacetan atau bisa juga karena ingin merasakan sensasi lain. Ketika Anda berpergian dengan transportasi umum ataupun keperluan ke luar negeri, yang mengharuskan mobil Anda terparkir di garasi rumah dengan waktu cukup lama. Meninggalkan mobil di garasi rumah juga harus diperhatikan, agar mobil tidak terjadi masalah ketika akan digunakan kembali. Nah, dibawah ini Otodiva.com telah merangkum beberapa cara aman untuk Anda yang ingin meninggalkan kendaraan Anda di garasi rumah, yuk kita simak!

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah pastikan Anda memarkir mobil di garasi karena lebih aman dan bersih. Jika Anda tidak memiliki garasi di rumah dan perlu memarkirnya di luar, tutupi mobil dengan penutup mobil. Belilah cover mobil dengan ukuran yang pas agar bisa menutupinya dengan sempurna. Namun, jika mobil diparkir di tempat yang atapnya tertutup, tidak perlu memakai penutup agar tidak cepat lembab dan berjamur. Selanjutnya, Anda tidak boleh mengaktifkan rem tangan parkir jika Anda berencana meninggalkan mobil di rumah untuk waktu yang lama. Hal ini dilakukan untuk mencegah bantalan rem menempel pada cakram. Jika ini terjadi, Anda akan mengalami masalah jika harus mengendarainya lagi. Agar mobil Anda tetap aman, Anda dapat menggunakan kunci roda atau menopang ban dengan batu agar tidak berjalan ke depan.

Kemudian, Anda bisa menggunakan dongkrak. Hal ini bertujuan untuk menghindari ban mobil agar tidak mudah bergerak maju atau mundur, Anda disarankan untuk menggunakan empat dongkrak di masing-masing roda. Hal itu juga dilakukan demi menghindari mobil bertumpu pada roda. Ada baiknya Anda memastikan tekanan ban mobil pada kondisi sesuai anjuran pabrikan saat mobil akan ditinggal dalam waktu lama. Mengisi tekanan yang pas dapat mencegah pinggiran permukaan ban retak. Terakhir, Anda bisa mengisi bensin dengan penuh. Walaupun mobil Anda tidak digunakan, namun hal ini bisa mencegah tangki bensin Anda berkarat. Jangan lupa untuk bersihkan mobil Anda juga ya sebelum akan ditinggal dalam waktu yang lama.

Baca Juga, Tune Up Mobil Pribadi Bisa di Rumah? Simak Tipsnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here