Tangki pada kendaraan yang berkarat seringkali hanya dikenali oleh pengguna saat terjadi masalah di jalan. Karat pada tangki kendaraan, khususnya pada kendaraan roda dua membuat mesin sulit dihidupkan karena bensin di dalamnya terkontaminasi. Dampak yang paling serius adalah mesin tidak dapat dihidupkan sama sekali. Bayangkan jika Anda berada disituasi yang mendesak, misalnya harus segera berangkat kerja, meski terkesan sepele, tangki motor menentukan performa mesin. Terkadang orang hanya fokus pada bagian bodi dan mesin saja namun kurang memperhatikan kondisi tangki. Akibatnya kondisi tangki motor terkadang memprihatinkan seperti karatan, korosi terlebih lagi bocor. Nah, maka dari itu dibawah ini Otodiva.com telah merangkum cara mudah untuk mencegah karat pada tangki bensin motor, diantaranya yaitu:

Penempatan tangki motor berbeda-beda misalnya pada motor sport tangki terletak di depan dan terlihat dari luar sekaligus menjadi bagian eksterior motor. Namun tangki pada motor skutik atau bebek biasanya tersimpan di bawah jok atau di tengah dek motor. Fungsi tangki mesin yaitu untuk menyimpan bensin sebagai bahan bakar mesin. Setiap sepeda motor memiliki kapasitas tangki yang berbeda-beda tergantung mereknya. Jika ada karat, aliran bensin dari tangki ke mesin terhambat. Hal ini membuat pengendara sulit untuk menghidupkan mesin. Usia mesin mempengaruhi pola oksidasi tangki. Semakin tua mesin, semakin mudah tangki bensin berkarat.

Cara pertama yang bisa Anda lakukan dalam mencegah tangki motor yang berkarat adalah sebisa mungkin jangan biarkan tangki terlalu sering kosong atau sisa bahan bakar hanya sedikit, karena jika ruang yang tersisa di tangki dan sisa bahan bakar terbentuk, akan terbentuk sedikit embun, kemudian embun akan berubah menjadi air, yang dapat menyebabkan karat dan korosi pada tangki motor.

Selanjutnya Anda bisa menguras tangki motor secara rutin. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah menumpuknya kotoran yang membuat korosi dan mesin tersendat.

Terakhir, jangan menyemprotkan air terlalu kencang ke arah tutup tangki ketika sedang mencuci motor. Walaupun terbilang rapat dan terkunci, namun hal ini juga menjadi masalah kecil karena walau hanya embun atau resapan cipratan air dapat masuk ke dalam tangki.

Baca Juga, Simpan Jas Hujan Di Bawah Jok Motor, Bisa Berbahaya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here