Pengukur atau Indikator bensin adalah rangkaian yang relatif sederhana, tetapi kesederhanaannya memiliki fungsi yang sangat berarti bagi setiap komponennya. Indikator bensin merupakan bagian dari kendaraan yang sangat penting pada setiap kendaraan. Kita dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan pengisian bahan bakar atau bensin kendaraan dengan cara melihat indikator bensin. Rusaknya bagian ini sangat merugikan setiap pengendara, salah satunya kita dapat kehabisan bahan bakar pada saat perjalanan di karenakan kita tidak mengetahui ukuran atau indikator bensin yang ada pada kendaraan kita. Berikut adalah beberapa penyebab indikator bensin tidak berfungsi yang sudah Otodiva.com kutip dari Live About. Yuk, kita simak!

Kerusakan Unit Pengirim
Kegagalan Unit Pengirim adalah penyebab paling umum tidak berfungsinya indikator bensin. Saat kendaraan bergerak, unit pengirim bergerak konstan, terus-menerus menggosok resistor variabel. Seiring waktu, kontak bisa aus dan mengarah ke sirkuit terbuka. Pengukur gas mungkin memperkirakan umpan balik tegangan dari pengirim mati sebagai “penuh” atau “kosong”, akibatnya pengukur tidak dapat mengetahui tingkat bahan bakar yang sebenarnya.

Masalah Sirkuit
Masalah Sirkuit dapat menyebabkan indikator bensin berhenti berfungsi secara normal. Tergantung pada lokasi kesalahan, pengirim bahan bakar mungkin tidak memiliki tegangan sumber, indikator bensin mungkin tidak memiliki tegangan pengirim bahan bakar, atau ground salah satunya mungkin terganggu. Sambungan yang longgar dan korosi juga dapat menyebabkan masalah, terutama pada Modul Pompa Bahan Bakar, yang biasanya terkena elemen penyebab kerusakan.

Kerusakan Komponen Indikator
Apabila sirkuit internal rusak, pengukur gas hanya dapat berfungsi di satu bagian, seperti antara “setengah” dan “penuh” atau antara “kosong” dan “setengah”. Jika sirkuit internal terjadi korsleting, mereka mungkin dipatok ke “penuh” atau “kosong”. Jika sirkuit internal terbuka maka pengukur gas kemungkinan akan berada di “kosong” dan tidak pernah bergerak.

Kegagalan Cluster Instrumen
Kegagalan Cluster Instrumen adalah hal yang paling umum, dan kemungkinan masalah yang paling mahal untuk diperbaiki. Cluster instrumen modern adalah sirkuit yang terintegrasi penuh dan bahkan mungkin tidak memiliki bohlam yang dapat diganti. Jika indikator bensin rusak sebagai bagian dari cluster maka seluruh unit atau komponen harus diganti.

Itulah dia beberapa penyebab indikator bensin tidak berfungsi. Tetap waspada saat berkendara dan jaga kesehatan kendaraan Anda.

Baca Juga, Ini Cara Mencegah Tangki Bensin Pada Motor Berkarat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here