Sangat tidak menyenangkan jika kita terjebak dalam mobil dengan AC yang tidak dingin di hari yang sangat panas, di mana suhu dapat dengan cepat naik. AC pada mobil lebih dari sekedar kenyamanan. Faktanya, salah satu tempat paling berbahaya bagi seseorang selama musim panas, yaitu pada saat berada di dalam mobil tanpa AC karena suhu dapat melonjak ke tingkat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

AC pada mobil merupakan bagian yang sangat penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Nah, Berikut ini beberapa penyebab AC mobil anda tidak dingin yang sudah Otodiva.com kutip dari Bryant Motors. Yuk, Kita simak!

Refrigeran Mobil Anda Bocor
Kebocoran refrigeran (zat pendingin) pada mobil dapat terjadi pada titik mana pun dalam proses pengkondisian udara sehingga terkadang sulit untuk menentukan lokasi kebocoran yang tepat. Tempat paling umum di mana kebocoran ditemukan yaitu pada bagian sambungan selang unit AC mobil. Terkadang dapat ditemukan zat berminyak yang menumpuk di sekitar sambungan ini, yang kemungkinan merupakan sumber kebocoran. Anda atau teknisi dapat menggunakan sealant (dirancang khusus untuk unit AC) yang ditemukan di sebagian besar toko suku cadang mobil untuk menutup kebocoran.

Kondensor Rusak
Kondensor yang rusak dapat disebabkan oleh tusukan dari puing-puing jalan melalui knalpot mobil Anda dan merusak bagian, atau komponen mobil. Jika Anda melihat ada tusukan yang terlihat di kondensor setelah inspeksi visual, biasanya satu-satunya cara untuk memperbaiki masalah adalah dengan mengganti bagian atau komponen tersebut.

Masalah Listrik
Masalah kelistrikan mungkin merupakan masalah yang paling sulit untuk didiagnosis ketika menyangkut unit AC yang berhenti bekerja. Pertama, inspeksi visual dari semua kabel harus dilakukan untuk melihat apakah ada kabel yang putus. Jika ada kabel yang rusak ditemukan, mereka harus diperbaiki dengan pita listrik atau diganti dengan yang baru. Jika Anda tidak dapat menemukan masalah kelistrikan secara visual, mungkin sudah saatnya membawa kendaraan Anda ke dealer berpengalaman untuk diagnose masalah lebih lanjut.

Kipas Pendingin Rusak
Saat kipas tidak berfungsi dengan baik, kondensor Anda mungkin tidak menerima pendinginan dengan benar. Seiring waktu, ini dapat menyebabkan mobil Anda hanya mengeluarkan udara panas. Cara terbaik untuk memeriksa apakah kipas pendingin rusak adalah melalui inspeksi visual. Retak pada kipas dapat disebabkan oleh puing-puing di jalan dan penggantian adalah satu-satunya cara yang benar untuk mengatasi masalah ini. Masalah umum lainnya, yaitu kipas pendingin termasuk sekering putus dan masalah listrik lainnya. Masalah-masalah ini mungkin harus ditangani oleh seorang profesional kecuali Anda memiliki pengalaman dalam pekerjaan listrik.

Itulah dia beberapa penyebab AC mobil anda tidak dingin.

Baca Juga, 5 Tips Agar AC Mobil Anda Makin Sejuk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here