Membeli mobil baru jelas merupakan salah satu kesenangan tersendiri yang dapat dialami seseorang dalam hidup. Namun, saat Anda menikmati mobil baru, sangat penting untuk Anda tidak melupakan tanggung jawab dasar yang dimiliki pada mobil baru Anda. Periode awal ini sangat penting untuk kesehatan mobil secara keseluruhan untuk mempertahankan kondisi mobil Anda. Maka dari itu, berikut adalah beberapa tips tentang cara menjalankan mobil baru Anda yang dikutip oleh Otodiva.com dari timesnownews.com. Yuk simak!

 1. Tetap berpegang pada rekomendasi run-in
Pembuat mobil biasanya menawarkan serangkaian rekomendasi khusus untuk menjalankan mobil Anda atau biasa dikenal dengan peregangan otot mesin mobil baru. Bagian mesin mobil baru membutuhkan waktu untuk menyesuaikan pengendaraan hari demi hari untuk mencapai pengaturan kinerja pengendaraan pabrik yang optimal. Waktu yang dibutuhkan atau jarak pengendaraan untuk menyesuaikan mesin mobil Anda agar dapat berjalan sempurna yang disebut sebagai periode running-in. Bila hal ini dilakukan dengan benar, maka akan memperpanjang usia ketahanan mesin. Anda akan diberitahu untuk berkendara sekitar 1.000 km hingga 1.500 km dan pada kecepatan di mana mesin tidak berputar di atas 2.000 rpm – 2.500 rpm dan ini kira-kira berlangsung selama sebulan.

 2. Usahakan kecepatan mobil di bawah 80 km/jam
Pada dasarnya ini merupakan perpanjangan dari saran yang dibagikan pada nomer satu diatas, semakin tinggi kecepatan mobil maka semakin besar kemungkinan Anda akan menghidupkan mesin di luar batas rpm yang disarankan untuk periode run-in. Anda juga akan memberi tekanan pada mesin baru. Jadi, cobalah untuk tidak mengemudi dengan kecepatan lebih dari 80 km/jam.

 3. Hindari pengereman mendadak
Ini bukan berarti Anda tidak boleh mengerem secara tiba-tiba atau semacamnya bahkan jika diperlukan. Ini adalah rekomendasi umum yang ditujukan untuk memastikan Anda mengerem dengan lembut dan pada mobil secara umum hingga masuk untuk servis pertama. Oleh karena itu, hindari perjalanan jauh sebelum mobil menerima servis pertama.

4. Periksa oli mesin
Ini adalah salah satu saran yang harus Anda patuhi secara umum untuk memastikan kesehatan mobil Anda, dan tidak hanya selama periode awal. Dengan mobil baru, disarankan agar Anda memeriksa oli seminggu sekali. Kita tahu bahwa mobil modern dilengkapi dengan sensor. Meskipun demikian, memeriksa oli mesin secara teratur akan membantu Anda membentuk kebiasaan yang baik sekaligus memastikan bahwa oli mesin tidak perlu diisi ulang.

5. Jangan melewatkan servis pertama
Mungkin tidak dapat cukup menekankan betapa pentingnya membawa mobil Anda untuk servis pertama dalam jangka waktu yang disarankan. Bukan karena mobil Anda akan mengalami masalah, namun sebaliknya, tujuan servis pertama kendaraan adalah melakukan pemeriksaan umum. Ini juga adalah kesempatan untuk Anda apabila memiliki pertanyaan dan masalah yang akan ditangani oleh para professional. Penting juga untuk mengikuti panduan terkait jadwal servis dan perawatan untuk memastikan garansi mobil Anda tidak dibatalkan.

Berikut beberapa tips and tricks untuk mobil baru Anda. Meskipun mobil baru, namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Baca Juga, Tips Membeli Mobil Baru Yang Menghemat Uang Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here