Mesin yang sedang panas bukanlah sesuatu yang harus diabaikan. Panas yang telah dihasilkan oleh pembakaran yang sangat kuat tentu saja dapat melelehkan dan membengkokkan blok mesin itu sendiri sehingga dapat menyebabkan kerusakan besar pada mobil Anda. Umumnya, mesin yang terlalu panas berarti ada yang salah dengan sistem pendingin. Bagaimanapun, sistem ini dirancang untuk memindahkan panas berlebih dari mesin. Berikut ini adalah beberapa penyebab cepatnya panas pada mesin mobil Anda yang sudah Otodiva.com kutip dari Capitol Toyota. Yuk, kita simak!

Pompa Air Rusak
Pendingin adalah campuran air dan antibeku (yang menjaga air agar tidak membeku pada suhu rendah). Jadi, pompa air adalah bagian yang memompa cairan pendingin melalui mesin, di mana ia menyerap panas yang berlebih dari mesin mobil. Masalah dengan pompa air berarti aliran cairan pendingin mungkin terganggu atau mungkin tidak mengalir sama sekali. Bahkan jika pompa air bekerja, tidak akan banyak gunanya jika ada yang salah dengan pendingin itu sendiri.

Pendingin terlalu rendah atau terkontaminasi
Jika tidak ada pendingin yang cukup atau kurangnya pendingin dalam sistem, tentu saja itu tidak akan cukup untuk mendinginkan mesin. Apabila pendingin juga telah terkontaminasi, itu tidak akan bekerja secara efektif, dan mungkin tidak menyerap banyak panas.

Radiator Rusak
Radiator itu sendiri adalah tempat cairan pendingin mengalir untuk mendapatkan kembali dinginnya. Jadi jika radiator mengalami kerusakan, cairan pendingin mungkin tetap terlalu hangat. Ada banyak hal yang bisa terjadi dengan kesalahan radiator. Misalnya, kipas radiator mungkin terbakar, atau radiator itu sendiri mungkin mengalami kerusakan fisik akibat kecelakaan. Meskipun radiator terkadang dapat diperbaiki, biasanya ada baiknya untuk di ganti dengan yang lebih baru.

Itulah beberapa penyebab mesin mobil Anda cepat panas. Jika mesin pada mobil Anda mulai kepanasan, hal terpenting yang harus dilakukan adalah menepi dan mematikan mesin segera setelah keadaan aman. Kemudian, pastikan kendaraan Anda diderek hingga ke tempat perbaikan mobil atau bengkel terdekat. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Baca Juga, Pentingnya OLI Mesin Agar Sepeda Motor Bekerja Optimal Dan Bebas Gangguan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here