Merawat AC mobil agar tetap dingin sebenarnya sangatlah mudah dan tidak membutuhkan biaya mahal. Bahkan Anda bisa melakukannya sendiri dirumah. Apakah ada perawatan khusus untuk merawat AC mobil? Berikut beberapa tips yang dikutip oleh Otodiva.com dari thisdaylive.com. Yuk simak!

1. Jalankan AC Anda setiap minggu
Anda perlu menghidupkan AC Anda setidaknya seminggu sekali selama 10 menit pada mode defrost di pengaturan paling full dan pada kecepatan kipas maksimum. Ini membantu menjaga tekanan gas, menjaga kompresor Anda bekerja dengan baik, membersihkan kelembaban dan mencegah jamur. Termasuk menghidupkan AC pada musim dingin, yang akan membantu menghilangkan kelembapan dan bekerja dengan baik untuk menghilangkan kabut di kaca depan.

2. Bersihkan atau ganti filter udara
Filter udara kabin yang kotor mencegah aliran udara yang tepat.  Periksa filter Anda sesering mungkin dan bersihkan atau ganti jika kotor. Karena filter udara yang tertutup dengan debu akan menghambat pendinginan AC. Pastikan filter udara AC bersih dari debu.

3. Jangan langsung menghidupkan AC saat mesin baru dinyalakan
AC mobil Anda beroperasi dengan efisiensi maksimum saat Anda mengemudi. Dalam kondisi ini, jangan mendinginkan mobil Anda terlebih dahulu. Diamkan beberapa menit dan biarkan mesin menyala, baru nyalakan AC mobil Anda. Pada hari yang sangat panas, nyalakan kipas angin Anda atau setelah Anda mulai mengemudi dan buka jendela kursi belakang selama 10 hingga 20 detik untuk mengeluarkan udara panas dari dalam mobil.

4. Atur AC ke pengaturan terdingin
Penyejuk udara mobil Anda paling efisien bila disetel ke suhu terendah dan menyesuaikan kipas untuk kenyamanan. Sebagian besar sistem pendingin udara mendinginkan udara hingga 3-4 Celcius. Suhu yang lebih tinggi memaksa sistem untuk memanaskan kembali udara, dan membakar lebih banyak bahan bakar. Jangan biarkan hal ini sering terjadi, karena bisa mengakibatkan AC Anda rusak akibat memaksa sistem untuk memanas.

5. Jangan gunakan AC pada resirkulasi jika Anda memiliki penumpang kursi belakang
Mode resirkulasi menarik udara dari depan kendaraan dan mendinginkannya kembali. Ini bekerja dengan baik untuk penumpang di bagian depan kendaraan Anda, tetapi dapat meninggalkan udara pengap dan panas di bagian belakang. Maka dari itu, jangan gunakan AC mobil Anda pada resikulasi jika ada penumpang.  

Baca Juga, AC Mobil Tidak Dingin? Inilah Beberapa Penyebabnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here