Membeli mobil bekas bukanlah keputusan yang mudah untuk dilalui karena membutuhkan banyak usaha untuk membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Jarang, mobil bekas yang dijual tidak mengalami perbaikan besar yang terjadi karena kerusakan yang tidak disengaja. Seseorang harus mengetahui tips membeli mobil untuk menilai kondisi mobil dengan benar dan kemudian membeli mobil bekas setelah diperiksa.

Namun, ketika mobil diperbaiki setelah kerusakan yang tidak disengaja, sulit untuk menganalisis keandalan perbaikan untuk memastikan keamanan kendaraan. Jika Anda ingin membeli mobil bekas, maka untuk mencari tanda-tanda apakah mobil tersebut terlibat kecelakaan atau tidak, Anda harus mencari tanda-tanda berikut pada kendaraan tersebut. Berikut beberapa tipsnya yang dikutip oleh Otodiva.com dari siliconindia.com. Yuk simak!

1. Masalah cat pada mobil
Sangat penting untuk Anda memperhatikan mobil di bawah sinar matahari di mana Anda dapat memeriksa keaslian cat di seluruh bodi mobil dengan benar. Di bawah sinar matahari, akan mudah bagi Anda untuk menganalisis apakah warna mobil cocok di berbagai bagian tubuh atau tidak. Jika warna terlihat berbeda di banyak bagian bodi mobil, maka jelas bahwa mobil terlibat dalam perbaikan besar.

2. Celah antara panel
Ketika mobil diproduksi di perusahaan, keluar dari pabrik dalam kondisi luar biasa tanpa keraguan pada kualitas kendaraan. Pintu mobil baru ditutup dengan mulus tanpa memberikan tekanan ekstra. Harus ada celah minimal antara spatbor dan pintu saat Anda menutupnya. Jika mobil bekas mengalami kecelakaan, maka celah ini akan bertambah dan bagian bodi akan tidak rata. 

3. Masalah dalam keseimbangan mobil
Saat Anda melakukan test drive untuk mengetahui permasalahan pada mobil bekas yang ingin Anda beli, maka Anda harus memperhatikan apakah mobil tersebut seimbang dengan jalan atau tidak.  Jika mengemudi dalam arah lurus tanpa menyimpang, maka keselarasannya sempurna. Jika mobil tidak seimbang di jalan selama perjalanan, maka ada masalah pada keselarasan kendaraan. Jangan membeli kendaraan yang memiliki masalah penyelarasan sebelum meminta perbaikan.

4. Tanda-tanda pengelasan
Bagian-bagian mobil yang rusak diperbaiki melalui teknik pengelasan. Beberapa perbaikan las bisa menjadi besar jika terjadi kecelakaan mobil. Nilai mobil akan sangat terdepresiasi jika telah melalui perbaikan pengelasan yang serius. Disarankan agar pembeli tidak membeli kendaraan jenis ini karena bukan merupakan jaminan bahwa mobil tersebut diperbaiki oleh teknisi yang profesional.

5. Ada sekrup dan alat kecil lainnya hilang
Saat Anda membuka kap mobil, Anda dapat melihat sekrup yang harus menahan bagian-bagian bodi agar berfungsi dengan baik. Warna sekrup harus sama tanpa perbedaan di berbagai bagian komponen mobil. Jika sekrup akan memiliki warna yang berbeda, maka jelas bahwa mobil telah sering terlibat dalam perbaikan besar. Hal ini dapat membuat pembeli tidak nyaman dalam membeli mobil bekas.

6. Permukaan berkarat atau tidak dicat.
Bagian struktural mobil tidak disatukan oleh mur dan baut. Jika ada pekerjaan yang berhubungan dengan bagian-bagian ini, maka itu membutuhkan pengelasan. Untuk proses pengelasan, cat perlu dihilangkan. Jika bagian pengelasan tidak dicat setelah diperbaiki, maka kemungkinan bagian pengelasan akan berkarat. Mobil-mobil ini tidak layak untuk dibeli kecuali diperbaiki dengan benar oleh perusahaan terkenal.

Itu dia, beberapa tips untuk melihat tanda-tanda mobil bekas Anda yang pernah mengalami kecelakaan atau tidak sebelumnya.

Baca Juga, Cara Memodifikasi Mobil Bekas Tampak Lebih Kece!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here