Mungkin Anda pernah melihat kendaraan yang menawan dari luar, namun saat Anda memasukinya, interiornya tidak sebagus kelihatannya. Sebaik apapun fitur pada kendaraan, jika tidak dibarengi dengan perawatan yang rutin, kondisinya akan menurun dan dapat menyebabkan kerusakan, termasuk pada interiornya. Sudah selayaknya menjaga kebersihan interior mobil Anda seperti halnya menjaga kebersihan rumah sendiri. Bagi Anda yang belum mengetahui apa yang harus dilakukan dan diperhatikan dalam perawatan interior mobil, berikut ini tips cara merawat interior kendaraan Anda yang sudah Otodiva.com kutip dari Wuling. Yuk, kita simak!

Perhatikan Kebersihan Dasbor Mobil
Tips pertama dalam perawatan interior mobil adalah dengan merawat dashboard. Dashboard mobil merupakan bagian yang paling sering diperhatikan saat penumpang masuk ke dalam mobil. Perlunya merawat dashboard mobil dikarenakan papannya yang terkena sinar matahari secara langsung karena posisinya berada di depan. Untuk menjaganya tetap bersih, Anda bisa menggunakan sikat atau kemoceng yang bisa menghilangkan debu. Bersihkan hingga sudut AC dan lubang di sekitar dashboard agar tidak ada debu yang menempel. Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih khusus setelah membersihkan dashboard untuk menjaga dashboard dari paparan sinar matahari dan membuat dashboard tidak mudah kering dan mengelupas.

Bersihkan Karpet Mobil Secara Rutin
Seperti yang Anda ketahui, karpet kendaraan merupakan bagian interior yang cukup sering kotor karena menjadi alas kaki pengemudi dan penumpang. Jika dibiarkan, karpet kotor yang mengandung debu dapat mengganggu kebersihan interior saat AC kendaraan menyala. Tak hanya itu, karpet yang kotor juga bisa menimbulkan bau tak sedap. Untuk membersihkan karpet, Anda bisa menggunakan sabun cuci dan mengeringkannya. Saat membersihkan karpet, pastikan karpet yang Anda cuci dalam keadaan kering agar tidak lembab.

Bersihkan Kursi Mobil
Jok kendaraan juga tidak bisa dilewatkan dari perawatan. Untuk merawat jok kendaraan tidaklah sulit. Anda bisa membersihkannya dengan kain kering, menggunakan sikat gigi, dan penyedot debu. Pastikan Anda membersihkan bagian jok yang agak sulit dijangkau seperti sudut-sudutnya agar jok bersih tanpa ada kotoran kecil.

Memberikan Wewangian Agar Lebih Nyaman
Hal ini sering dilupakan, padahal interior yang wangi membuat penumpang dan Anda betah selama di perjalanan. Sediakan pengharum ruangan mobil di dalam kendaraan. Pastikan Anda juga mengganti wewangian secara rutin saat wewangian habis agar interior mobil Anda tetap harum dan segar.

Itulah beberapa tips untuk merawat kendaraan mobil anda agar tetap nyaman dan aman saat berkendara.

Baca Juga, Inilah Beberapa Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here