Saat pandemi seperti ini mungkin membuat sebagian orang enggan untuk membawa mobilnya ke tempat cuci mobil meskipun dekat. Masa pandemi seperti ini memanglah harus untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Mungkin dengan mencuci mobil sendiri di rumah bisa membuat Anda merasa lebih aman terhindar dari paparan virus corona diluar sana. Nah, berikut beberapa tipsnya yang dikutip oleh Otodiva.com dari spokesman.com. Yuk simak!

1.  Menyiapkan Semua Perlengkapan yang Diperlukan. 
Cara terbaik adalah dengan menggunakan selang nozzle semprot untuk pembersihan secara menyeluruh. Anda juga membutuhkan dua ember, satu untuk air sabun dan satu untuk air bilasan.
 
Gunakan spons lembut atau sarung tangan cuci mobil untuk membersihkan bodi utama mobil, tetapi Anda juga bisa mendapatkan aksesori tambahan seperti sikat dan kain mikrofiber untuk membersihkan roda dan area spesifik lainnya. Sisihkan satu kain mikrofiber atau handuk chamois untuk dikeringkan. Belilah cairan pencuci mobil karena larutan pembersih dan sabun lainnya mungkin terlalu keras pada cat. Anda juga dapat membeli pembersih roda dan ban untuk mengatasi kotoran jalanan yang keras.

2.Mulailah Dengan Roda Karena Merupakan Bagian Paling Kotor dari Mobil.  
Sebaiknya gunakan spons atau sikat ban secara terpisah untuk menghindari puing-puing menyebar ke bodi mobil. Lapisi ban satu per satu dengan larutan pembersih, diamkan selama beberapa detik untuk menghilangkan kotoran, lalu gosok. Bilas ban dan sikat, lalu pindah ke roda berikutnya. Setelah roda selesai, buang ember bilas dan ember sabun jika Anda menggunakannya untuk roda.
 
Sebelum mencuci, Anda dapat menggunakan pistol busa untuk merawat mobil dengan pembersih berbusa untuk merendam dan mengangkat kotoran dari permukaan. Lampiran pistol busa biasanya membutuhkan mesin tekanan. Langkah ini sangat membantu untuk menggosok kotoran pada bagian mobil.
 
Jika Anda melewatkan cara ini, langsung saja ketahap membilas mobil. Cobalah untuk menghilangkan kotoran sebanyak mungkin dengan air menggunakan selang nozzle semprot sebelum dicuci. Saat mencuci tangan, kerjakan dari atas ke bawah dan di satu bagian mobil pada satu waktu. Mulailah dengan atap, lalu kap mesin dan ke panel samping. Cuci bagian belakang terakhir karena cenderung menjadi bagian yang paling kotor.

3. Bilas Sarung Tangan atau Spons di Ember Bilas di Antara Setiap Bagian. 
Beberapa sumber merekomendasikan penggunaan gerakan lateral karena gerakan melingkar diduga menyebabkan lebih banyak goresan. Setelah dicuci, segera bilas dan keringkan mobil dengan handuk atau lebih baik menggunakan microfiber atau chamois. Agar pekerjaan Anda lebih cepat, Anda juga bisa mengeringkan mobil menggunakan peniup daun sebelum menyelesaikannya dengan handuk. Jangan lupakan area tersembunyi di mana air dapat menggenang, seperti kusen pintu, kelongsong, dan spoiler.
 
Untuk tampilan bebas coretan, bersihkan bagian dalam dan luar jendela dengan pembersih kaca khusus. Untuk melindungi cat Anda dari elemen, aplikasikan detailer semprot atau lilin ke bodi mobil. Bilas sisa kotoran atau kotoran dari bahan pembersih sebelum berkemas.

Berikut beberapa tipsnya, semoga tips diatas bermanfaat untuk Anda semua! 

Baca Juga, Tips Mencuci Mobil Listrik Yang Benar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here