Kebanyakan pemilik mobil pick-up dibeli karena untuk bisnis dan berniaga, karena bentuk mobil ini yang besar dan sangat pas untuk membawa banyak barang. Meskipun terkenal dengan mobil niaga dan kokoh, ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat mobil Pick-up agar tetap optimal dan awet versi Suzuki. Nah, berikut beberapa tipsnya yang dikutip oleh Otodiva.com dari otomotif.tempo.co. Yuk simak!

1. Perhatikan kondisi ban mobil
Rawatlah ban mobil pick-up Anda karena kondisi ban mobil penting. Perhatikan kondisi ban mobilnya, jangan sampai bocor ataupun botak karena ini bisa mengakibatkan mobil mudah tergelincir dan bisa mengakibatkan kecelakaan. Perhatikan tekanan udara pada ban mobil berdasarkan stiker di pilar pintu kendaraan atau buku pedoman kendaraan.

Perhatikan juga ketebalan permukaan tapak ban mobil atau sesuai dengan rekomendasi dari bengkel Suzuki. Bawalah mobil pick-up Anda ke bengkel untuk melakukan perawatan dan pengecekan mesin secara rutin. 

2. Pehatikan kondisi pengeraman dan kopling
Anda bisa rasakan kinerja pengereman dan kopling melalui pedal. Perhatikan rem dan apakah masih terasa nyaman & normal atau mungkin sudah mulai menurun performanya. Jika sudah tidak optimal sebaiknya Anda membawanya ke bengkel. 

3. Perhatikan fungsi lampu dan wiper mobil pick-up
Mungkin bagi sebagian orang saat musim kemarau Anda sering mengabaikan keoptimalan lampu dan wiper. Sering dianggap remeh ternyata fungsi lampu dan wiper sangatlah penting terutama saat musim hujan atau pada saat malam hari. Pastikan lampu dan wiper bekerja dengan optimal, karena jika tidak hal ini bisa mengganggu penglihatan Anda saat hujan atau saat malam hari yang sering berpotensi kecelakaan. Lampu depan/headlamp, lampu tanda belok, lampu rem, dan wiper perhatikan semuanya berfungsi dengan normal.

4. Servis berkala secara rutin di bengkel resmi Suzuki
Bawalah mobil pick-up Anda ke bengkel resmi Suzuki terdekat untuk melakukan pengecekan mesin dan lain sebagainya. Karena yang terpenting dari semuanya adalah performa mesin mobilnya. Gantilah oli mobil secara rutin. 

Pengguna New Carry Pick-up dapat melihat panduan jadwal servis rutin serta mengikuti jadwal yang sudah ada di buku service, serta garansi atau mengikuti reminder yang sudah dijadwalkan.

5. Perhatikan kapasitas bawaan
Meskipun mobil pick-up memiliki tempat tersendiri untuk membawa barang dengan jumlah banyak, pemilik tetap harus memperhatikan bobot bawaan pada mobil. Jangan memaksakan mobil membawa barang diluar kapasitasnya, karena itu bisa membuat mesin mobil berat saat berkendara.

Itulah beberapa tips untuk merawat mobil pick-up agar tetap optimal dan bisa berumur panjang.

Baca Juga, Tips Mencuci Mobil Sendiri di Rumah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here