Power windows sudah menjadi fitur bawaan atau dipasang pada mobil. Sudah banyak mobil pada era sekarang yang menggunakan fitur ini. Fitur ini sangat membantu karna dapat memudahkan dan membantu pengemudi maupun penumpang agar lebih efisien. Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang power window pada mobil yang sudah Otodiva.com kutip dari Bank Bazaar. Yuk, simak!

1. Power Windows Pada Mobil
Jendela pada mobil yang dapat dibuka atau ditutup dengan bantuan tombol power window. Power window pertama kali diperkenalkan oleh Ford Motors pada tahun 1941. Mobil pertama yang mendapatkan power window adalah Lincoln Custom dan Packard Custom Super 180. Power window telah menggantikan pegangan manual yang tradisional menjadi lebih mudah dan efisien.

2. Fitur Power Windows
Mengesampingkan fitur umum jendela yang digulung ke atas dan ke bawah hanya dengan satu sentuhan tombol, power windows hadir dengan beberapa fitur unik yang membuatnya lebih ramah pengguna dan nyaman digunakan. Fitur-fitur ini dapat diringkas sebagai berikut:

  • Automatic Down
    Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat jendela turun sepenuhnya hanya dengan mengetuk tombol sekali. Sistem menggunakan sirkuit untuk memantau jumlah waktu sakelar ditekan. Jika sakelar ditekan kurang dari satu detik, jendela turun sepenuhnya untuk menekan sakelar batas dan berhenti. Jika tombol ditekan lebih lama, sirkuit akan menganalisis waktu dan berhenti menggulirkan jendela segera setelah tombol dilepaskan.
  • Automatic Up
    Fitur otomatis naik bekerja dengan cara yang sama seperti otomatis turun, bedanya fitur ini untuk mengangkat jendela mobil naik ke atas. Tetapi, fitur otomatis naik dapat menimbulkan risiko kecelakaan. Saat jendela naik, jika ada sesuatu yang menghalangi jendela, seperti tangan anak-anak atau peliharaan, kemungkinan besar mereka akan terluka.
  • Courtesy Power-On
    Seperti yang mungkin kita sudah ketahui, power window hanya berfungsi saat kunci kontak kendaraan menyala. Tetapi beberapa mobil memiliki cadangan daya yang disuplai ke sirkuit jendela bahkan setelah mesin dimatikan. Jika Anda lupa untuk menggulung jendela Anda, fitur ini akan menyelamatkan Anda dari kerumitan menyalakan kunci kontak lagi, hanya dengan menarik jendela ke atas.

Kelebihan dan Kekurangan Power Windows
Power Windows menghilangkan kerumitan pada pegangan tradisional yang membutuhkan banyak usaha dan waktu untuk membuka atau menutup jendela. Power windows memungkinkan pengemudi untuk mengontrol jendela hanya dengan sentuhan jari-jarinya. Pengemudi dapat dengan mudah mengontrol jendela bahkan saat mengemudi. Meskipun power windows memiliki banyak keuntungan, tetapi juga memiliki beberapa kekurangan. Karena ditenagai oleh baterai atau listrik, selalu dikaitkan dengan risiko kegagalan atau kerusakan. Dalam kasus kegagalan power window, seseorang tidak dapat membuka atau menutup jendela yang mungkin menyebabkan banyak masalah.

Itulah beberapa penjelasan tentang power  windows pada mobil. Semoga dapat bermanfaat, ya!

Baca Juga,Tips Mencuci Mobil Sendiri di Rumah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here