Mobil matic memang terkenal kepraktisan dan simple, karena tidak memiliki kopling. Tentu saja membuat mobil jenis ini banyak peminatnya daripada mobil manual, meskipun harganya yang bisa terbilang lebih mahal dari mobil manual namun unggul dalam kepraktisannya. Mobil matic sudah berkembang sejak tahun 2015 meskipun masyarakat Indonesia belum sepenuhnya terbiasa dengan mobil matic. Perbedaan jenis tentunya juga berbeda dan cara perawatannya juga berbeda. Ternyata mobil matic juga mempunyai perawatan tersendiri. Nah, berikut beberapa tips untuk merawat mobil matic yang dikutip oleh Otodiva.com dari Sonora.id. Yuk simak!

1. Perhatikan Pemakaian Saat Berkendara
Keawetan suatu benda tergantung pada cara pemakaiannya. Oleh karena itu, perilaku bagaimana cara kita merawat kendaraan sangatlah penting karena menentukan umur kendaraan. Jangan biarkan mobil matic Anda tergores-gores dengan benda asing. Gunakan mobil matic pada kapasitas kemampuannya, agar mesin tidak rusak dan menurun performanya. Jangan terburu buru dalam memindahkan tuas dari N ke D karena jika terburu-buru, tekanan oli dalam mesin pun menjadi tidak stabil dan akan berdampak pada kerusakan mesin.

2. Perawatan Mesin Rutin
Merawat mesin secara rutin juga adalah kunci utamanya. Bawalah mobil Anda ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecekan mesin secara rutin. Ganti oli mobil Anda secara rutin dan mintalah untuk mengecek mesin pada mekanis terpercaya agar mengantisipasi kerusakan mesin matic.

3. Hindari Modifikasi Mobil Matic
Jika Anda sering melakukan modifikasi pada mobil manual, sebaikanya hindari hal ini pada mobil matic Anda. Banyak pengguna mobil matic yang melakukan berbagai modifikasi seperti meningkatkan efisiensi bahan bakar, meningkatkan akselerasi mobil. Namun, jika Anda masih tetap ingin untuk memodifikasi mobil matic, Anda perlu memperhatikan aspek- aspek penting.

4. Panaskan Mobil Sebelum Digunakan
Biasakan memanaskan mesin mobil Anda sebelum digunakan. Memanaskan mobi sangat penting agar umur mobil panjang dan mesin tetap terjaga keoptimalannya. Sehingga mobil tidak mengalami shock mesin saat dibawa berkendara terutama perjalanan jauh. Meskipun mobil Anda jarang digunakan namun memanaskan mesin mobil adalah kewajiban setidaknya seminggu dua kali.

5. Perhatikan Kondisi Valve
Valve berfungsi untuk mengatur aliran fluida, baik berupa cairan maupun gas. Keruskan yang paling sering dijumpai pada mobil matic adalah kerusakan Velve. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan kondisi Velve mobil Anda. Kebanyakan kerusakan Velve terjadi karena pemindahan gas yang terlalu keras yang mengakibatkan mobil matic sering mogok.

Baca Juga, Ini Dia Tips Merawat Mobil Pick-up

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here