Wheelbase merupakan salah satu bagian dari Mobil. Banyak kualitas mobil mewah dipengaruhi oleh wheelbase. Bagi banyak orang, yang paling relevan adalah ruang interior. Sebagian besar interior mobil berada di antara roda, sehingga mobil dengan wheelbase yang panjang akan cenderung memiliki interior yang lebih lapang daripada mobil dengan panjang yang sama dengan wheelbase yang lebih pendek. Dalam kebanyakan kasus, desainer mobil menggunakan wheelbase yang panjang untuk menciptakan interior yang pada dasarnya adalah satu kotak besar, bebas dari penghalang apapun. Itu memungkinkan para desainer untuk memaksimalkan ruang yang tersedia. Berikut ini beberapa penjelasan tentang wheelbase yang sudah Otodiva.com kutip dari Car Bike Tech. Yuk, simak!

Pengertian Wheelbase
Jarak sumbu roda atau wheelbase adalah jarak pusat antara poros depan dan belakang kendaraan. Ini adalah salah satu dimensi penting kendaraan yang ditentukan oleh produsen kendaraan. Istilah ini berlaku untuk setiap jenis kendaraan, seperti sepeda, roda dua, roda empat, truk, dll. Meskipun istilah jarak sumbu roda tidak secara langsung memberikan gambaran tentang panjang kendaraan, secara umum semakin panjang wheel-base, semakin panjang keseluruhan kendaraan.

Pentingnya Wheelbase
Mobil dengan wheelbase panjang cenderung memiliki kualitas berkendara yang lebih baik dibandingkan dengan wheelbase pendek. Mobil dengan wheelbase yang panjang juga memberikan stabilitas yang lebih besar di tikungan, sehingga terasa lebih aman untuk dikendarai. Mobil dengan wheelbase yang panjang juga memiliki ruang yang cukup luas sehingga dapat diisi dengan beberapa interior dari pada mobil dengan wheelbase pendek.

Fungsi-fungsi Wheelbase
Dengan adanya jarak tengah antara roda depan dan roda belakang, maka posisi kendaraan bisa tegak sempurna. Hal ini berlaku saat kendaraan berjalan atau diam. Selain itu ada beberapa fungsi utama bagian ini yang perlu untuk Anda ketahui. Fungsinya secara tidak langsung adalah menciptakan kenyamanan berkendara. Rancangan pabrik yang dibuat sudah memenuhi perhitungan yang tepat, sehingga roda bisa berada di bawahnya dengan sejajar. Suspensi kendaraan juga bisa dirasakan lebih halus dan nyaman saat berjalan. Selain memberikan kenyamanan pada saat berkendara, fungsi lain dari Wheelbase adalah membuat kendaraan dalam keadaan seimbang. Mobil yang seimbang saat hidup dan diam sekalipun akan berdampak baik terhadap besaran gaya yang bekerja di setiap roda. Keseluruhan torsi yang bekerja juga dapat seimbang dari 0.

Itulah beberapa penjelasan tentang wheelbase pada mobil.

Baca Juga, Inilah Beberapa Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here