Sepeda motor menjadi jenis kendaraan yang praktis untuk melalui jalanan sempit. Saat ini jenis sepeda motor yang paling banyak diminati adalah motor matic yang operasionalnya sangat mudah. 

Dilansir dari Suzuki Indonesi, setiap motor matic dilengkapi dengan sistem kopling ganda yang akan membuat sepeda motor dapat berjalan. Kopling ganda ini memiliki dua komponen penting yaitu rumah kopling dan kampas ganda. 

Sebagai pemilik kendaraan setidaknya Anda wajib mengetahui fungsi dari kampas kopling ganda ini dan cara kerjanya. 

Kampas kopling merupakan salah satu komponen wajib pada sepeda motor termasuk motor dengan sistem karburator. Secara umum, kampas kopling berfungsi untuk menghubungkan mesin dengan sistem transmisi. 

Adanya kampas kopling ini akan menggerakan roda dan akhirnya motor pun berjalan. Berbeda dengan motor bebek biasa, pada motor matic jenis kampas kopling yang digunakan adalah kampas ganda. 

Meskipun jenisnya berbeda namun fungsi kampas ganda ini kurang lebih sama yaitu untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang. Jenis kampas ini hanya digunakan pada sepeda motor yang menggunakan sistem Continuously Variable Transmission (CVT). 

Ada dua komponen yang digunakan pada kampas ganda. Pertama adalah kopling sentrifugal yang berada di poros engkol dengan menjadi kopling primer. Kedua adalah kopling sekunder yang berada di samping transmisi. 

Fungsi untuk kopling primer adalah memutuskan putaran mesin saat RPM mesin berada di posisi rendah. Fungsi kampas kopling ganda bagian primer lainnya juga menghubungkan RPM mesin saat di angka tertinggi. 

Efeknya adalah motor akan tetap diam saat posisi masuk dan mesin telah menyala. Fungsi bagian sekunder sendiri adalah memutuskan putaran mesin saat terjadi perpindahan gigi. Tanpa kedua komponen ini, maka roda tidak berputar dan motor tidak berjalan.

Ada tiga cara kerja dari kampas kopling ganda yang bisa diterapkan sebagai berikut. 

  • Kinerja saat Mesin Menyala

Pertama kali Anda menyalakan motor, maka tidak langsung hidup karena kopling primer tidak terhubung dan transmisi pun masih netral. Kinerja dari kampas kopling primer memanfaatkan gaya sentrifugal. 

Bentuknya yang seperti tromol sendiri agar bergerak menjauhi poros putaran. Gaya yang dihasilkan pun lebih renggang namun tidak terlalu besar. Oleh karena itulah saat memasukkan gigi motor tidak menyentak. Alasannya clutch housing dan kopling primer tidak berputar. 

  • Kinerja saat Mesin Mati

Berbeda ketika mesin sedang mati, justru pada saat ini kampas kopling primer menempel di clutch housing. Kopling sekunder akan terhubung dengan clutch housing dan terputus ketika tuas transmisi ditekan. 

  • Kinerja saat Gas Ditarik

Pengaruh kampas ganda paling besar terdapat saat Anda menarik gas. Karena akselerasi terjadi, maka penambahan RPM pada mesin pun berlangsung. 

Gaya sentrifugal pada kopling primer pun akan meningkat sehingga jadi merenggang dan terjadi hubungan dengan clutch housing. Putaran mesin pun akan disalurkan pada kampas kopling primer ke kopling sekunder dan roda berputar. 

Baca juga : Ini Bocoran Fitur Suzuki WagonR Generasi Baru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here