Adanya jarak sumbu roda memang penting untuk kenyamanan berkendara. Jarak sumbu roda yang pendek dinilai lebih nyaman dari pada jarak sumbu roda yang panjang. Pasalnya jarak sumbu roda terlalu panjang bisa membuat Anda kesulitan saat menjalankan atau membelokkan kendaraan. Wheelbase buatan pabrik tersebut juga memungkinkan untuk menambah ruang kabin dalam kendaraan.

Tambahan teknologi seperti saat ini akan menambah kenyamanan, baik pada lipatan kursi, jarak antar kursi, bagasi, dan lainnya. Ini sangat cocok untuk kendaraan yang kerap bepergian jauh. Pentingnya wheelbase lainnya adalah bagi penampilan kendaraan. Tidak bisa dipungkiri bahwa memang bagian ini menambah karakter dinamis mobil. Ground clearance (jarak mobil dengan tanah atau permukaan jalan) juga bisa mudah dikendalikan dengan baik karena rancangan yang pas.

Jarak sumbu roda ini tidak selalu menjadi patokan panjang kendaraan. Namun, semakin panjang jarak sumbu rodanya, maka semakin panjang juga kendaraan tersebut. Bagian ini merupakan dimensi penting yang sudah dirancang oleh pabrik. Jarak antar roda depan dan roda belakang tersebut berhubungan dekat dengan permukaan jalan karena letaknya memang di dasar kendaraan.

Dengan adanya jarak tengah antara roda depan dan roda belakang, maka posisi kendaraan bisa tegak sempurna. Hal ini berlaku saat kendaraan berjalan atau diam. Selain itu ada beberapa fungsi utama bagian ini yang perlu untuk kamu ketahui.

Memberi Kenyamanan

Fungsinya secara tidak langsung adalah menciptakan kenyamanan berkendara. Rancangan pabrik yang dibuat sudah memenuhi perhitungan yang tepat, sehingga roda bisa berada di bawahnya dengan sejajar. Suspensi kendaraan juga bisa dirasakan lebih halus dan nyaman saat berjalan. 

Menyeimbangkan Mobil

Fungsi utama lainnya adalah membuat kendaraan dalam keadaan seimbang. Mobil yang seimbang saat hidup dan diam sekalipun akan berdampak baik terhadap besaran gaya yang bekerja di setiap roda. Keseluruhan torsi yang bekerja juga dapat seimbang dari 0. 

Roda Kendaraan Berputar Stabil

Yang terakhir adalah, semua roda kendaraan yang terpasang akan menghasilkan gaya yang stabil. Kestabilan putaran roda tersebut membuat nyaman saat berkendara. Kecepatan pelan maupun tinggi bisa dilibas dengan baik oleh kendaraan yang bagian wheelbase nya baik. 

Baca juga : Tips Membawa Sepeda di Mobil Tanpa Kena Tilang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here