Ketika mesin cepat panas dan muncul bau sangit, Anda tentu akan panik jika belum pernah mengalaminya. Bisa juga Anda menyepelekan hal ini dan terus mengendarai sepeda motor.

Sebaiknya hindari masalah panik apalagi membiarkannya, karena komponen yang tidak berhubungan langsung lama kelamaan akan rusak. Jika Anda tidak ingin mengeluarkan lebih banyak uang lagi untuk membeli komponen baru, maka tindakan perbaikan secepatnya perlu dilakukan.

Berikut ini apa yang seharusnya Anda lakukan untuk mengatasi bau sangit dan mesin cepat panas. 

  • Mengurangi Beban pada Motor

Apabila sehari-hari Anda membawa beban berlebih maka kurangi dari sekarang. Mengurangi barang bawaan akan mengurangi beban yang harus dialami oleh piston. 

Efeknya selain mencegah mesin cepat panas, motor juga akan memiliki lebih banyak tenaga. Motor akan kuat melewati jalan tanjakan dan tidak terlalu boros. Oli pun tidak akan merembes karena panas mesin tidak berlebih. 

  • Mengganti Seal Oli

Setelah mengecek seal oli, Anda melihat adanya kerusakan. Maka gantilah seal oli ini dengan yang baru supaya oli tidak merembes kembali. Sebelum diganti sebaiknya cobalah untuk memperbaiki posisinya agar pas dengan dudukan. 

Jika sudah tidak ada kebocoran maka Anda tidak perlu menggantinya. Proses penggantian lebih aman dilakukan oleh teknisi profesional agar tidak terjadi rembesan kembali. 

  • Rutin Mengganti Oli 

Ketika muncul rembesan oli ada baiknya untuk mengganti oli yang baru. Tujuannya agar jumlah pelumas yang berkurang dapat segera digantikan. Kualitas oli yang buruk juga menjadi salah satu pemicu mesin panas meskipun Anda sudah mengganti seal oli. 

Penggantian oli yang baru lebih baik dilakukan seterusnya setiap 2.000 km sekali atau sesuai dengan anjuran teknisi bengkel resmi. 

  • Mengganti Kampas Kopling

Bukan hanya motor cepat panas dan bau sangit, berjalan dengan motor yang kampas koplingnya sudah aus akan membuat kendaraan tak mampu mencapai kecepatan maksimal. 

Anda akan merasakan sepeda motor terasa tidak bertenaga apalagi di jalan tanjakan. Oleh karena itu jika kampas kopling sudah aus apalagi hangus, maka harus segera diganti. 

Baca juga : SUZUKI PERLUAS JARINGAN DENGAN RESMIKAN 4 OUTLET 3S DI SULAWESI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here