Jika Anda ingin menambahkan gaya khusus ke motor Anda atau meningkatkan kenyamanan dan kontrol pengendaraan, maka mengganti setang motor Anda adalah solusi luar biasa yang dapat Anda lakukan di rumah. Ingin tahu bagaimana cara mengganti atau memasang setang di Harley Road Glide atau Road King Anda? Berikut ini cara mengganti stang motor Harley yang sudah Otodiva.com kutip dari Demon’s Cycle. Yuk, kita simak!

1. Temukan Posisi Yang Tepat
Penempatan setang pada motor harley Anda sangat personal. Anda ingin setang berada di posisi yang tepat untuk kontrol dan kenyamanan maksimal saat Anda berada di jalan terbuka, jadi ada baiknya Anda meluangkan waktu untuk menemukan posisi yang pas. Ambil pulpen dan kertas, buatlah catatan tentang tinggi stang, lebar, dan posisi tangan.

2. Lepaskan Kontrol Tangan
Untuk melepas setang saat ini, Anda harus menyingkirkan beberapa bagian lain. Mulailah dengan memeriksa ikatan ritsleting atau klem yang mungkin mengamankan harness kabel dan pengekang ke throttle & kabel idle lalu potong dengan tang atau cukup longgarkan untuk dilepas. Anda akan menarik kembali penutup pada kabel throttle untuk melonggarkan mur pada bagian tersebut. Kemudian geser sakelar dengan hati-hati. Lepaskan tuas rem dengan melonggarkan atau melepas pengencang. Sekarang putar ke sisi kopling motor Harley Anda dan lepaskan sakelar dan kopling.

3. Lepas Baut
Mulailah dengan setengah putaran pada pengencang yang ada dan berhati-hatilah untuk tidak mengendurkannya terlalu cepat, dengan risiko terjatuh atau hilang. Jika bisa, balikkan setang agar lebih mudah melepas semua pengencang, lalu atur pengencang ke samping. Lepaskan pengencang tachometer dan speedometer Anda.

4. Letakkan Stang Baru
Pasang Stang baru ke tempatnya dan kemudian dengan hati-hati mulailah mengembalikan pengencang ke posisinya. Sebaiknya periksa bagian yang penting pada tahap ini untuk memastikan semuanya dalam kondisi baik atau putuskan apakah perlu diganti sebelum melanjutkan. Tambahkan setetes pelumas ke setiap baut Anda sebelum memasangnya kembali. Ingat, selalu kencangkan baut Anda terlebih dahulu lalu kencangkan dalam formasi yang berlawanan. Ini adalah hal yang baik untuk memeriksa kesesuaian dan kenyamanan setang baru Anda. Sesuaikan dengan posisi berkendara Anda sebelum mengencangkan baut. Kembalikan dan sesuaikan rem Anda agar nyaman. Kemudian pindahkan sakelar Anda kembali ke tempatnya dan kencangkan.

5. Ulangi Proses di Sisi Kopling
Pasang rakitan tuas kopling dan sakelar di bilah kiri seperti yang Anda lakukan di kanan lalu pastikan kabel diposisikan dengan benar. Pasang kembali dengan hati-hati aksesori lain yang Anda lepaskan dari bilah kiri. Ganti semua pengikat, klem, atau penahan kabel yang Anda lepaskan.

6. Periksa Kembali
Uji semua sakelar untuk memastikan Anda tidak merusak kabel apa pun dan periksa kembali apakah semua pengencang yang sudah terpasang benar. Ayunkan setang dengan keras ke kanan dan ke kiri lagi, pastikan kabel gas, idle, dan kopling tidak menggantung atau tersangkut di palang.

Baca Juga, 5 Penyebab Mesin Motor Cepat Panas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here