Menyalip kendaraan lain saat dijalanan ternyata memerlukan teknik tertentu agar tidak menjadi fatal untuk diri sendiri dan untuk orang sekitar. Pengendara perlu mengetahui cara menyalip yang aman dan baik. Berikut adalah tips menyalip untuk kendaraan di jalan raya yang aman dan baik agar terhindar dari kecelakaan. Yuk simak!

1. Perhatikan Kondisi Keamanan
Anda harus memperhatikan kondisi jalanan terlebih dahulu. Pastikan kondisi aman untuk menyalip. Perhatikan juga rambu lalu lintas, apakah ada rambu dilarang mendahului atau tidak. Perhatikan juga kemungkinan untuk menyalip dan hindari melakukannya secara terburu-buru tanpa berpikir terlebih dahulu. Hindari menyalip saat keadaan atau visabilitas kurang seperti saat hujan deras atau tikungan.

2. Pastikan Mobil Bisa Menyalip
Pastikan kendaraan Anda siap untuk menyalip kendaraan di depan. Kendaraan harus dalam kondisi baik dan beban yang tidak berlebihan. Beban atau bobot yang berlebih membuat laju kendaraan menjadi lambat dan tidak maksimal saat tancap gas. 

3. Jangan Asal Ikut Kendaraan Depan
Janganlah sesekali ikut menyalip karena kendaraan depan juga menyalip. Anda tetap harus memikirkan potensi Anda saat menyalip. Karena potensi Anda dan kendaraan depan pastinya berbeda. Menyalip karena ikut-ikutan kendaraan di depan juga membuat visabilitas tidak optimal.

4. Cek Spion Kendaraan Aman
Anda harus mengecek kaca spion kendaraan Anda dalam keadaan pas dan aman. Jika tidak hal ini bisa mengakibatkan blind spot. Pastikan sebelum menyalip kondisi jalan ada ruang untuk Anda menyalip dan aman. Pastikan spion kanan, kiri dan belakang Anda dalam posisi yang benar sehingga tidak menggangu visabilitas Anda saat mengemudi.

5. Nyalakan Lampu Sein
Saat ingin menyalip pastikan Anda menyalakan lampu sein. Ini sebagai tanda untuk memberitahu kendaraan lain agar mereka mengetahui Anda sedang ingin menyalip. Pengguna jalan lain jadi bisa waspada saat Anda ingin mendahului agar terhindar dari kecelakaan.

Itu dia beberapa tips meyalip untuk di jalanan untuk Anda. Semoga tips diatas bermanfaat untuk Anda dan hati hati dijalan!

Baca Juga, Tips Untuk Pengendara Motor Saat Dijalan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here