Mempelajari cara membersihkan dan melumasi rantai sepeda motor adalah salah satu upaya pertama dalam perawatan sepeda motor yang tepat bagi banyak pengendara baru. Secara keseluruhan, ini adalah proses yang cukup sederhana yang hanya memakan waktu sekitar 15 menit atau lebih, tetapi akan sangat membantu dalam memperpanjang umur dan kinerja rantai dan sepeda motor Anda. Berikut ini panduan langkah demi langkah cara terbaik untuk membersihkan dan melumasi rantai sepeda motor yang sudah Otodiva.com kutip dari Revzilla. Yuk, simak!

Semprot Rantai dengan Pembersih Rantai
Pada titik ini, saatnya untuk mulai menghilangkan kotoran. Meskipun Anda dapat memilih sesuatu seperti semprotan khusus pembersih rantai, minyak tanah juga akan bekerja sama baiknya untuk melarutkan pelumas yang ada dan partikel kotoran pada rantai. Saat Anda membersihkan rantai, jangan segan untuk benar-benar membersihkan seluruh bagian. Minyak tanah memang murah namun tidak untuk rantai motor yang baru.

Gosok Rantai Hingga Bersih
Dengan rantai basah, gunakan sikat rantai sepeda motor untuk benar-benar membersihkan kotoran yang menempel. Gosok perlahan dan teliti hingga semua bagian pada rantai dapat di bersihkan. Gosok dari berbagai sisi rantai sepeda motor agar rantai dapat bersih secara maksimal. Permukaan yang bersih memungkinkan pelumas rantai sepeda motor menjadi lebih baik.

Semprot Ulang Rantai Sepeda Motor
Untuk menyelesaikan bagian pembersihan dari proses, rendam atau semprot rantai sepeda motor dengan bahan pembersih pilihan Anda. Pastikan bahwa sisa-sisa terakhir dari kotoran rantai telah di hilangkan. Singkirkan kotoran sampai sebersih mungkin.

Keringkan Rantai Sepeda Motor
Agar pelumas rantai sepeda motor dapat menempel pada rantai, perlu diaplikasikan pada permukaan yang kering. Luangkan waktu Anda untuk mengeringkan rantai sepenuhnya dan hilangkan semua sisa – sisa pembersih rantai yang masih menempel sebelum melumasi.

Lumasi Rantai Motor
Dengan rantai bersih dan kering, oleskan pelumas secara merata ke semua sisi. Preferensi untuk jenis pelumas rantai terbaik sangat luas dan mencakup segala sesuatu mulai dari barang-barang khusus hingga oli biasa. Ketika berbicara tentang cara terbaik untuk melumasi rantai sepeda motor, ada beberapa perbedaan antara rantai polos dan tertutup yang perlu Anda ingat. Dengan rantai polos, olesi pelumas dan bersihkan seluruhnya. Menjaga rantai polos terus-menerus dengan dilapisi pelumas bersih adalah cara terbaik untuk memastikan rantai itu terus berfungsi dengan baik selama beribu kilometer yang akan datang. Dengan rantai yang tertutup, di sisi lain, pada cincin-O berfungsi sebagai pelumas dan pelumas rantai yang Anda gunakan hanya untuk melindungi bagian luar rantai dari karat, sehingga Anda dapat menggunakannya dengan lebih hemat.

Baca Juga, 6 Cara Melepas & Memasang Stang Motor Harley

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here