Power window pada mobil Anda dianggap sebagai fitur standar dan sangat berguna. Sayangnya power window merupakan bagian dari sistem kelistrikan dan memiliki beberapa bagian yang bergerak. Mereka bisa mengalami kerusakan dan sering terjadi pada saat yang paling tidak tepat. Masalahnya bisa terdapat pada bagian yang sudah menua dan aus. Tapi, terkadang masalah sebenarnya adalah kurangnya perawatan. Jika jendela listrik Anda sudah rusak, maka Anda memerlukan spesialis jendela otomotif. Berikut ini cara merawat power window agar tetap berfungsi optimal yang sudah Otodiva.com kutip dari Wheels by Wovka. Yuk, simak!

Berikan Pelumas Pada Jendela
Jika Anda menurunkan jendela hingga ke bawah, karet di setiap sisi jendela akan bergerak perlahan bersamaan. Ini memberi Anda kesempatan untuk melumasi semua bagian yang bergerak. Cukup gunakan semprotan silikon dan semprotkan secara bebas pada jendela. Anda harus melakukan ini setiap 3 bulan. Semakin kering dan semakin panas cuaca, semakin sering perlu dilakukan. Setelah Anda menyemprotkan pelumas, biarkan selama 30 detik mengangkat jendela ke atas dan ke bawah beberapa kali. Ini akan memastikan semua bagian dilapisi dengan semprotan silikon.

Berikan Pelumas pada Segel Karet
Jendela Anda ditahan pada posisinya dengan segel karet yang berada di pintu mobil. Ini membantu untuk memandu kaca di dalam pintu tanpa menggores kaca. Sayangnya segel karet ini dapat terkena angin, hujan, matahari, dan kotoran jalan. Mereka dapat dengan cepat mengering dan bahkan terdapat potongan-potongan kecil pasir yang dapat merusak jendela atau mekanisme jendela. Untuk mencegahnya, segera ambil kain bersih dan tambahkan sedikit minyak lithium. Gosok di sepanjang karet hingga melapisinya sepenuhnya. Anda harus membiarkannya selama kurang lebih 5 menit untuk menyerap sepenuhnya. Jangan lupa untuk melakukannya pada seal karet samping dan atas. ini akan memastikan mereka bertahan selama mungkin dan tetap terlihat bagus.

Berikan Perawatan Pada Mesin
Jika jendela Anda macet maka opsi di atas akan membantu. Namun, jika Anda mencobanya dan ternyata tidak ada bedanya, kemungkinan mesin jendela Anda mulai membutuhkan perawatan. Anda harus memutuskan apakah Anda ingin membongkar sendiri panel pintu untuk melihat mesinnya atau Anda harus mencari bantuan ahli. Mesin power window bekerja keras untuk menggerakkan jendela ke atas dan ke bawah tetapi dapat menjadi tegang ketika Anda terus mencoba menutupnya ketika jendela sudah tertutup.

Itulah beberapa cara merawat power window pada mobil agar tetap berfungsi secara optimal.

Baca Juga, Apa Itu Power Windows? Inilah Beberapa Penjelasannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here