Penawaran perbaikan kilat dan produk perawatan mobil yang diformulasikan secara khusus di dunia tidak akan menjadi alasan mobil atau truk klasik Anda terus berjalan dengan baik dan tampak hebat. Jadwalkan secara teratur, perawatan dan pemeliharaan yang tepat yang dibutuhkan kendaraan dengan jarak tempuh enam digit yang lebih tua.

Rahasia untuk menjaga agar mobil klasik Anda tetap berjalan dan tampak hebat adalah sesederhana mengikuti rutinitas perawatan yang dijadwalkan secara rutin dan menggunakan oli dan cairan motor yang direkomendasikan pabrikan. Nah, berikut adalah tips perawatan yang dapat Anda ikuti untuk membantu menjaga mobil atau truk klasik Anda dalam kondisi prima. Dikutip oleh Otodiva.com dari wilsonauto. Yuk simak!

 1. Ganti oli secara rutin
Tidak ada yang akan menghancurkan lebih cepat dari tingkat minyak tua atau rendah. Di sisi lain, tidak ada yang akan membuat motor berjalan lancar selain penggantian oli dan filter oli biasa. Ini adalah darah kehidupan setiap motor dan harus menjadi prioritas nomor satu untuk diperiksa dan diganti secara teratur.

 2. Siram sistem pendingin
Setidaknya setahun sekali setiap mobil baik tua atau baru harus memiliki sistem pendinginnya. Ganti pendingin lama dengan campuran 50/50 pendingin baru dan air suling untuk membantu mencegah sistem dari korosi atau mengembangkan endapan yang dapat membatasi aliran melalui sistem.

 3. Ganti oli transmisi dan oli diferensial
Ini mungkin tidak harus sering dilakukan, tetapi semakin sering Anda dapat melakukannya, semakin baik. Mobil yang lebih baru membutuhkannya pada interval servis, tetapi mobil klasik benar-benar dapat menggunakan ini sedikit lebih teratur. Pastikan untuk menggunakan oli transmisi dan oli roda gigi yang direkomendasikan dengan kekentalan yang benar.

 4. Jaga kebersihan
Mencuci mobil Anda secara teratur akan membantu memastikan Anda menghilangkan kotoran berbahaya yang pada akhirnya akan menggerogoti lapisan cat Anda. Jangan lupa tentang undercarriage juga. Garam dan kotoran jalanan sangat bagus dalam menemukan jalan mereka ke setiap sudut dan celah. Pastikan untuk membersihkan bagian bawah mobil Anda dengan sangat baik untuk membantu semua bagian yang terbuka bersih dan bebas korosi.

 5. Wax on wax off
Lilin sangat penting untuk menjaga agar cat tetap terlihat terbaik. Anda harus memberikan waxing klasik yang sangat bagus setidaknya sekali setiap enam bulan. Saat Anda melakukannya, Anda juga harus menerapkan beberapa perawatan krom pada trim krom untuk membantu membuatnya tetap bersinar.

 6. Lindungi bagian dalam
Menjaga klasik Anda dari sinar matahari adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi kulit, vinil dan plastik di interior Anda dari memudar dan mengering. Ada juga krim kulit, perawatan vinil, dan UV blocker yang juga dapat membantu melindungi dan melestarikan interior mobil klasik Anda.

 7. Periksa sambungan bola Anda
Terlalu sering kita melihat sambungan bola gagal sebelum waktunya habis. Memeriksa mereka secara teratur untuk memastikan mereka dikemas dengan minyak yang mereka butuhkan adalah hal yang perlu Anda lakukan. Sambungan bola kering pasti akan cepat rusak sementara sambungan yang dilumasi dengan baik dapat bertahan seumur hidup.

 8. Kemas kembali bantalan roda Anda
Anda harus secara teratur memeriksa, membersihkan, dan mengemas kembali bantalan roda Anda dengan pelumas yang direkomendasikan. Ini mungkin bukan pekerjaan tercepat, tetapi murah untuk dilakukan. Namun, itu tidak perlu dilakukan setiap bulan, tetapi Anda tentu harus melakukannya pada interval layanan utama yang dijadwalkan secara teratur.

 9. Cek pompa rem
Cek rem Anda secara teratur untuk memastikan semuanya terasa benar dan tidak mengeluarkan suara aneh. Bled sistem rem Anda setidaknya sekali per tahun. Murah untuk diganti, sementara untuk kaliper, selang, dan sensor tidak. Ini juga merupakan ide yang baik untuk mengawasi bantalan rem Anda untuk memastikan mereka tidak memakai rotor Anda secara tidak merata. Bantalan adalah barang lain yang relatif murah untuk diganti.

Itu dia beberapa tips untuk perawatan mobil klasik Anda. Semoga tips diatas bermanfaat untuk Anda pecinta mobil klasik!

Baca Juga, Wah, Mobil Mini Klasik Dapat Disulap Menjadi Mobil Listrik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here