Dempul adalah kegiatan memperbaiki bodi mobil dengan cara memoles ulang lapisan kerangkanya. Dempul mobil sering dilakukan untuk mobil yang penyok akibat tabrakan, atau sekedar memperbaiki lapisan body yang sudah jelek atau terkelupas.

Cara dempul mobil meliputi beberapa tahapan. Untuk langkah-langkah lebih jelasnya silahkan simak penjelasannya yg Otodiva Lansir dari Suzuki Indonesia. 

Bersihkan Media Yang Akan Didempul

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bersihkan dulu mobil dan bagian yang akan di dempul dengan amplas halus.

Pembersihan ini bertujuan agar dempul dapat menempel kuat dan tahan lama. Setelah itu, bersihkan kembali bagian-bagian yang akan didempul. 

Mengecek Bagian Yang Didempul

Pada bagian mobil yang akan didempul, lakukan pembersihan hingga rata. Apabila terdapat lekukan seperti peyok, Anda dapat meratakan permukaannya dengan paku khusus yang biasa digunakan mekanik yaitu paku dolly dan hammer.

Biasanya, para mekanik menggunakan kertas domino untuk mendempul bagian-bagian mobil yang tidak dapat dijangkau. Kertas domino berukuran kecil dan tebal sehingga bisa meratakan adonan dempul dengan baik.

Beri Bagian Tersebut Dengan Pengeras Dempul

Langkah berikutnya adalah melapisi bagian tersebut dengan pengeras dempul atau hardener. Obat dempul ini bisa dicampur dengan dempul secukupnya, di mana Anda sudah membuat adonan saat tahap persiapan.

Jangan gunakan hardener terlalu banyak agar dempul cepat mengering. Saat dempul sudah dicampur dengan hardener, maka larutan tersebut biasanya akan berubah warna dan harus segera diaplikasikan ke bodi mobil.  

Tempelkan Dempul Menggunakan Scrap

Cara mendempul mobil selanjutnya yaitu menempelkan dempul menggunakan scrap agar pendempulannya bisa merata.

Untuk bagian-bagian yang sulit terjangkau, Anda bisa menggunakan kertas tebal ukuran kecil. Anda juga bisa memakai alat jidar agar lebih maksimal. 

Sedangkan pada bagian lekukan, gunakan bantuan gergaji untuk menarik dempul. Namun, jangan menggunakan area giginya agar tidak merusak bodi mobil. Selain itu, dempul juga akan hancur. Bagian lekukan yang di dempul dapat ditarik dengan bagian gergaji yang lurus atau bagian atasnya.

Lakukan proses dempul secara bertahap agar hasilnya dapat maksimal. Tunggu setiap aplikasi dempul mengering dulu, lalu ulangi kembali beberapa kali hingga dempul yang diberikan pada bodi mobil terlihat sempurna. 

Baca juga : Tips Menjaga AC Mobil Tetap Dingin dan Terawat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here