Meskipun kami tidak dapat berbuat apa-apa tentang harga bahan bakar, kami dapat menawarkan beberapa petunjuk tentang cara meningkatkan penghematan bahan bakar mobil Anda. Berikut tips praktis untuk meningkatkan efisiensi dan mendapatkan mpg terbaik dari mobil Anda. Dikutip oleh Otodiva.com dari whatcar.com. Yuk simak!

 1. Kurangi beban mobil
Keluarkan barang-barang besar yang tidak perlu ada di dalam mobil. Anda peru mimilih dan memilah barang-barang yang memang dibutuhkan dan harus di dalam mobil. Bersihkan mobil akan memudahkan Anda menemukan barang-barang yang tertinggal di dalam mobil. 

 2. Kurangi hambatan
Lepaskan perlengkapan pembawa eksternal seperti kotak atap atau rak sepeda setiap kali tidak digunakan. Mobil harus bekerja lebih keras untuk menembus udara karena hambatan angin ekstra yang diciptakan barang-barang tersebut.

 3. Perawatan dasar
Rawat mobil Anda dengan baik dan diservis secara teratur. Pompa ban mobil Anda untuk mengurangi hambatan. Pastikan mobil Anda dalam keadaan baik dan aman. Servis mobil Anda secara rutin di bengkel terdekat.

 4. Rencanakan perjalanan
Rencanakan perjalanan Anda. Hindari titik hitam lalu lintas dan gunakan peta atau navigasi satelit untuk menghindari tersesat dan mengemudi lebih jauh dari yang dituju.

 5. Matikan AC
Kecuali jika benar-benar dingin atau hangat di dalam mobil, biarkan AC dimatikan. Menggunakannya dapat membebani mesin dan membakar lebih banyak bahan bakar, terutama pada kecepatan rendah. Hal yang sama berlaku untuk kaca depan berpemanas, demister, dan peralatan listrik lainnya.

 6. Gunakan engine stop/start
Banyak mobil modern dilengkapi dengan teknologi engine stop-start, yang akan sangat bagus jika Anda membiarkannya bekerja dengan benar. Duduk dengan kaki Anda di kopling dan mesin akan terus membakar bahan bakar, lepaskan dan Anda akan menghemat uang dan bahan bakar.

7. Gunakan gravitasi
Lihatlah jauh ke depan saat mengemudi dan terus bergerak sejauh mungkin dengan mengantisipasi rintangan. Mematikan pedal gas dan menjaga momentum lebih baik daripada mempercepat, mengerem, lalu memulai dari awal lagi.

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga efisiensi bahan bakar mobil Anda dalam keadaan darurat.

Baca Juga, Ternyata Ini Dampak Jika Isi Bahan Bakar Tidak Sesuai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here