Home Tips Fungsi Stang Seher pada Kendaraan yang Penting untuk Diketahui!

Fungsi Stang Seher pada Kendaraan yang Penting untuk Diketahui!

0
203
The part of piston and cylinder head of motorcycle engine. The motorbike parts repairing process.

Stang seher merupakan salah satu komponen mesin motor yang fungsinya untuk menghubungkan poros engkol dengan silinder. Dengan adanya stang seher, silinder dan batang piston dapat naik turun dalam proses pembakaran sehingga dapat menghasilkan gerakan berputar pada komponen kruk as.

Gerakan berputar pada kruk as dapat membantu menghasilkan tenaga untuk menggerakkan mesin motor. Seher dirancang dengan dimensi dan bentuk yang kecil agar motor dapat melaju dengan kencang. Oleh sebab itu dapat dikatakan fungsi stang seher sangat penting bagi kendaraan. 

Stang seher yang juga didukung dengan berbagai macam komponen memiliki peran dan fungsi masing-masing. Berikut adalah fungsi stang seher yang Otodiva lansir dari Suzuki Indonesia.

Stang Seher Dapat Merubah Gerak Lurus Menjadi Gerak Putar Pada Mesin Kendaraan

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, fungsi stang seher dapat mendorong terjadinya perubahan energi pada komponen kruk as saat terjadi proses pembakaran pada mesin. Gerak putar pada komponen kruk as tersebut selanjutnya dihubungkan ke bagian crank pin.

Gerak putar yang sudah berada di crank pin, selanjutnya diterima piston dan langsung diteruskan pada bagian batang piston. Proses tersebut sangat penting saat kendaraan dijalankan, karena akan mempengaruhi fungsi komponen lain pada kendaraan.

Stang Seher Dapat Menghubungkan Piston dengan Kruk As

Untuk dapat menghasilkan tenaga pada mesin motor, maka harus terjadi perpindahan energi pada kruk as yang terhubung langsung dengan stang piston. Terhubungnya kedua komponen pada mesin kendaraan tersebut, akan membantu menahan terjadinya kompresi. 

Selain itu, komponen tersebut juga berperan sebagai tempat penyimpanan oli. Seperti yang sudah banyak diketahui, oli berfungsi sebagai pelumas mesin yang juga mempengaruhi performa kendaraan.

Baca juga : Tips Menawar Saat Membeli Mobil

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here