Pentingnya keselamatan telah tertanam di kepala kita selama yang bisa kita ingat. Keselamatan adalah bagian penting dari kehidupan. Tidak ada bedanya saat mengendarai mobil Anda, entah itu di jalan raya atau hanya di sekitar kota. Sangat disayangkan, tetapi kecelakaan terjadi setiap hari, dan beberapa orang akhirnya meninggal karena mereka tidak memperhatikan saat mengemudikan mobil mereka. Nah, berikut beberapa langkah sederhana yang dapat membantu Anda tetap aman. Dikutip oleh Otodiva.com dari bbntimes.com. Yuk simak!

1. Menjaga Mata Anda di Jalan
Menjaga mata Anda dari jalan adalah apa yang menyebabkan begitu banyak kecelakaan terjadi setiap tahun. Untuk menjaga diri Anda tetap aman saat berada di belakang kemudi, pastikan Anda terus-menerus menantikan segala sesuatu di sekitar Anda. Ini termasuk mencari mobil dan pejalan kaki lain, serta kecepatan Anda.

Hal ini penting untuk dilakukan karena dapat menjaga diri Anda agar tetap aman, dan cara ini juga bagus untuk mencegah ditilang. Seperti yang dinyatakan oleh pengacara kecelakaan mobil Houston,  “Tetap waspada di jalan akan membantu Anda terhindar dari kecelakaan penilangan.”

2. Menemukan Titik Buta Anda (Blindspot)
Salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan saat mengemudi adalah tidak mengetahui apa yang ada di sekitar Anda. Cara terbaik untuk menghindari hal seperti itu adalah dengan meluangkan waktu untuk menemukan semua titik buta Anda. Ini berarti Anda harus memeriksanya setiap kali berpindah jalur, parkir, atau belok kanan/kiri di jalan.

Menemukan blindspot mungkin agak rumit untuk mobil dan truk besar. Namun, sebagai pengemudi, Anda tetap harus mencoba memeriksanya jika memungkinkan. Ide ini membantu Anda menghindari menabrak mobil lain atau merusak mobil Anda sendiri. Sebagian besar kecelakaan di jalan adalah karena kurangnya pengetahuan tentang apa yang ada di sekitar Anda, jadi pastikan itu tidak pernah terjadi.

3. Jaga Jarak Aman
Semua orang tahu pentingnya menjaga jarak aman dari mobil dan objek lain di jalan, terutama saat bepergian dengan kecepatan tinggi. Sayangnya, itu tidak selalu mudah untuk dilakukan karena kita terganggu oleh segala sesuatu di sekitar kita saat mengemudikan mobil kita.

Cara terbaik untuk menghindari hal seperti itu adalah dengan terus menjaga kecepatan dan jarak antara Anda dan mobil lain. Selalu beri diri Anda cukup ruang terutama dengan kendaraan besar.

4. Pastikan Mobil Anda Dalam Kondisi Baik
Itu selalu merupakan ide yang baik untuk menjaga mobil Anda tetap berfungsi saat mengendarainya. Ini berarti memiliki ban yang tepat yang tidak terlalu aus atau rusak, mengikuti penggantian oli dan perbaikan lain yang diperlukan, dll. Sayangnya, tidak banyak pengemudi yang menganggap serius ide ini, itulah sebabnya banyak dari mereka akhirnya kecelakaan.

Jika Anda ingin menghindari kecelakaan, pastikan semua yang ada di mobil Anda berfungsi sebagaimana mestinya sebelum membawanya keluar untuk dikendarai. Selain menyelamatkan diri Anda dari potensi bahaya atau cedera, dengan mengikuti perbaikan dan perawatan rutin lainnya, Anda juga akan menghemat uang dalam jangka panjang.

5. Berkendara dengan Defensif dan Tetap Waspada Setiap Saat
Mengemudi secara defensif adalah sesuatu yang dilupakan atau diabaikan oleh kebanyakan orang. Ide ini sangat penting ketika mengemudi di jalan raya, karena banyak pengemudi cenderung tenggelam dalam pikiran mereka dan gagal melihat apa yang ada di depan mereka.

Cara terbaik untuk memastikan hal ini tidak terjadi adalah dengan selalu memastikan mobil Anda berfungsi dengan baik sebelum berangkat ke tempat tujuan. Selain itu, Anda harus tetap waspada saat mengemudikan kendaraan dan selalu waspada terhadap segala sesuatu di sekitar Anda.

6. Ikuti Semua Rambu Jalan dan Batas Kecepatan
Sebagai pengemudi, Anda harus selalu mengikuti semua rambu jalan dan batas kecepatan. Ini berarti bahwa setiap kali Anda melihat sesuatu yang memberi tahu Anda seberapa cepat Anda bisa pergi atau ke mana harus berbelok berikutnya, pastikan untuk mematuhi aturan itu setiap saat. Tidak mengikuti aturanya dapat menimbulkan bahaya pada diri Anda. Selain itu, mengemudi di luar batas kecepatan atau melanggar rambu lalu lintas juga dapat mengakibatkan Anda ditilang oleh polisi.

Banyak kecelakaan mobil terjadi karena pengemudi tidak memperhatikan atau terlalu teralihkan dengan telepon mereka atau dengan orang sekitar. Jika Anda ingin menghindari salah satu statistik tersebut, pastikan Anda selalu waspada saat berada di belakang kemudi.

Itulah beberapa tips nya yang harus diingat sangat berkendara.

Baca Juga, Tips Mengemudikan Mobil Baru Sebelum Servis Pertama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here