Gear motor adalah salah satu bagian dari sistem yang penting ketika menggerakkan sebagian besar mesin sepeda motor dengan benar dan efektif. Mengingat pentingnya mereka dalam bekerja untuk menyesuaikan kecepatan mekanisme dari sepeda motor, penting bagi kita untuk mengetahui apa itu, komponennya, dan jenis utamanya. Berikut ini beberapa penjelasan dan fungsi gear pada sepeda motor yang sudah Otodiva.com kutip dari Compania Levantina De Reductories. Yuk, simak!

Apa itu Gear Sepeda Motor?
Gear motor adalah mekanisme yang mengatur kecepatan sepeda motor, mengarahkannya untuk beroperasi pada kecepatan tertentu. Mereka terdiri dari serangkaian roda gigi yang membentuk rantai kinematik, bekerja pada satu set bagian yang berputar. Tujuan utama mereka adalah untuk memungkinkan pengurangan dari kecepatan tinggi awal ke yang lebih rendah tanpa mempengaruhi mekanisme secara negatif. Selain penyesuaian ini, sepeda motor dengan roda gigi bertugas mengatur daya mekanik suatu system pada mesin sepeda motor.

Jenis Gear pada Motor
Terdapat 2 jenis gear pada motor, yaitu gear depan dan gear belakang. Setiap gear yang terdapat di depan dan belakang motor memiliki beberapa mata gear yang dapat mempengaruhi performa dari sepeda motor. Semakin banyak mata pada gear tersebut, maka akan semakin baik performa pada sepeda motor. Umumnya, gear depan pada motor dapat memiliki mata tidak lebih dari 20. Sedangkan gear belakang pada motor memiliki mata rantai antara di atas 30. Para perusahaan yang berada di bidang otomotif sudah merancang jumlah tersebut sesuai standar kebutuhan kendaraan dan tinggi rendahnya performa pada sepeda motor tersebut. Perbedaan yang dapat kita lihat dengan jelas di kedua jenis gear pada sepeda motor ini yaitu perbedaan ukuran. Gear depan umumnya berukuran lebih kecil dan gear belakang berukuran lebih besar dari gear depan.

Fungsi Gear pada motor
Salah satu fungsi dari gear pada sepeda motor adalah untuk menyesuaikan kecepatan rotasi pada mesin. Gear dapat menyesuaikan kecepatan putar daya. Gear mengatur daya dengan memberikan rasio roda gigi tertentu. Kita bisa menambah atau mengurangi tenaga berkat adanya sistem gear yang ada pada sepeda motor. Gear juga memiliki fungsi sebagai penggerak roda sepeda motor. Sepeda motor memerlukan alat seperti gear untuk menghubungkannya dengan mesin sehingga motor dapat bergerak.

Itulah penjelasan tentang gear pada sepeda motor dan juga fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Baca Juga, Tips Mengganti Oli Motor Secara Mandiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here