Tanpa bahan bakar atau bensin tentu saja kendaraan yang kita miliki tidak akan bisa bergerak karna tidak adanya salah satu syarat pembakaran. Namun, semua bensin tidak diciptakan sama. Ada beberapa jenis bahan bakar atau bensin yang memiliki angka pembakaran berbeda-beda yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan. Berikut ini adalah penjelasan tentang bahan bakar atau bensin yang cocok dengan kendaraan Anda yang sudah Otodiva.com kutip dari Revzilla. Yuk, simak!

Apa itu Bensin?
Bensin merupakan salah satu bahan bakar yang dikhusus kan untuk kendaraan beroda dua, tiga, maupun empat. Di dalam bensin terdapat bilangan oktan yang mengukur mutu atau kualitas dari bensin itu sendiri.

Apa itu Oktan?
Oktan sebenarnya adalah “angka oktan,” angka yang dihitung melalui beberapa metode berbeda. Angka tersebut menunjukkan seberapa tahan bahan bakar terhadap detonasi, yaitu ketika campuran udara dan bahan bakar mulai terbakar sebelum waktunya karena panas dan tekanan, daripada dimulai dengan percikan yang diperkenalkan pada waktu optimal oleh busi. Bahan bakar di pompa Amerika biasanya berkisar antara 87 hingga 94, meskipun Anda mungkin menemukan angka yang lebih tinggi atau lebih rendah dari waktu ke waktu. Pada dasarnya, oktan yang lebih tinggi berarti bensin hanya akan menyala di bawah suhu dan tekanan yang lebih tinggi.

Jenis Bahan Bakar
Di Indonesia terdapat 3 jenis bahan bakar minyak atau BBM untuk kendaraan beroda yaitu, premium, pertalite dan pertamax. Premium memiliki nilai oktan sebesar 88, pertalite memiliki nilai oktan sebesar 90 dan pertamax memiliki nilai oktan sebesar 92. Nilai oktan yang terkandung pada setiap jenis bensin tersebut adalah untuk menentukan seberapa besar tekanan yang bisa di dapatkan sebelum terbakar.

Lalu, Mana yang Cocok?
Dengan pemahaman tentang kapan bahan bakar dengan nilai oktan tertentu harus dipilih dan digunakan tentu saja akan membantu Anda dalam merawat kendaraan. Jika Anda memiliki kendaraan dengan kapasitas mesin atau CC yang besar tentu saja Anda memerlukan bahan bakar yang memiliki oktan besar seperti Pertamax, karena untuk menyeimbangi kekuatan dari mesin kendaraan. Jawaban singkatnya yaitu, gunakan apa pun yang direkomendasikan oleh pabrikan mesin Anda. Bahan bakar dari peringkat itu akan memberikan kinerja dan ekonomi terbaik dengan harga yang tentu saja juga baik.

Itulah beberapa penjelasan tentang bensin atau bahan bakar yang cocok untuk kendaraan Anda.

Baca Juga, Cara Terbaik Untuk Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here