Melepaskan aki adalah proses yang cukup sederhana pada sepeda motor, tetapi dapat sangat bervariasi dari satu sepeda motor ke yang lainnya. Memiliki sedikit pengetahuan dapat membantu Anda untuk lebih memahami prosesnya sebelum memulai. Inilah cara melepas dan memasang aki motor yang sudah Otodiva.com kutip dari Revzilla. Yuk, simak!

Langkah 1: Baca buku panduan manual
Langkah pertama yang sangat penting adalah membaca buku panduan manual. Orang-orang memiliki gagasan bahwa Anda “tidak perlu” menggunakan buku tersebut. Tentu, ada saat-saat ketika pekerjaan cukup dipahami sehingga buku itu tidak diperlukan, namun dengan membaca buku panduan manual motor kita akan lebih mengerti tentang apa yang kita ingin ketahui. Cari buku manual motor Anda dan bacalah.

Langkah 2: Temukan aki, lalu akses
Ini harus tercakup dengan baik dalam buku panduan manual Anda, karena Anda perlu tahu di mana letak aki sepeda motor Anda. Di bawah jok, di bawah penutup samping, dan di bawah tangki semuanya merupakan tebakan pertama yang bagus, tetapi buku panduan manual motor akan memberi tahu Anda dengan pasti. Jika Anda harus melepas barang-barang seperti tangki bahan bakar, jok, atau penutup samping, lakukanlah dengan cara yang benar dan teliti.

Langkah 3: Lepaskan kabel negatif dan positif
Saat Anda melepas aki, selalu lepaskan kabel negatif terlebih dahulu. Biasanya berwarna hitam, dan terminal yang sesuai pada aki biasanya ditandai dengan tanda “-”. Apabila Anda mengubah urutan ini, tidak ada hal buruk yang akan terjadi jika Anda tidak membuat kontak antara sisi positif sirkuit dan ground. Banyak motor menggunakan rangka sebagai ground, yang berarti setiap bagian logam di dekat terminal positif dapat menjadi jalur untuk mengalirkan listrik. Dengan mengerjakan sisi negatifnya terlebih dahulu, Anda meminimalkan kemungkinan “pembumian” aki. Jika alat pelepas Anda harus menjembatani celah antara bingkai dan terminal positif pada aki setelah kabel negatif dilepas, tidak ada yang terpengaruh. Jika Anda gagal melepaskan sisi negatifnya terlebih dahulu dan secara tidak sengaja menjembatani celah itu, kemungkinan besar Anda akan meledakkan sekering dan membakar diri Anda sendiri dan berisiko memicu kebakaran. Setelah sirkuit putus, lepaskan kabel positif. Kabel ini sering berwarna merah, tetapi tidak selalu. Aki harus ditandai dengan “+” di sisi ini.

Langkah 4: Lepaskan Aki
Lepaskan semua penahan yang menahan aki. Mungkin tali karet, potongan logam yang dibentuk, atau bahkan beberapa blok busa yang menahan aki. Bagaimanapun, Anda harus mengeluarkannya sehingga Anda dapat mengeluarkan aki. Berhati-hatilah saat Anda menarik aki keluar, karena banyak aki memiliki terminal “berongga” yang menampung mur timah tempat baut menahan kabel. Mereka bisa jatuh ke dalam celah motor yang membuatnya tidak dapat diperbaiki.

Itulah dia langkah-langkah untuk melepas aki motor.

Baca Juga, 3 Hal Yang Harus Di Pertimbangkan Ketika Memilih Motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here