Ada beberapa faktor sepeda motor Anda tidak bisa di starter, salah satunya adalah aki yang sudah kehabisan daya. Mengisi aki sepeda motor tidak sulit, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan Anda berhasil melakukannya. Berikut ini cara mudah untuk mengisi daya aki motor sendiri yang sudah Otodiva.com kutip dari Revzilla. Yuk, kita simak!

Cari Tahu Jenis Aki yang Anda Miliki
Asam timbal, tikar kaca yang diserap (AGM), dan aki gel semuanya dapat diisi dengan cara konvensional. Aki berbasis lithium seperti lithum ion, lithium iron, lithium phosphate, dll, memerlukan pengisian daya khusus tergantung pada produsennya.

Cari Tahu Jenis Pengisi Daya yang Anda Butuhkan
Ada beberapa jenis pengisi daya aki. Jenis yang paling sederhana adalah pengisi daya tetesan, yang mengubah daya AC yang keluar dari dinding Anda menjadi DC. Perhatikan bahwa pengisi daya jenis ini harus dipantau selama proses pengisian. Pengisi daya “Float loader” adalah jenis pengisi daya loader berikutnya. Pengisi daya apung modern mengisi daya baterai dan kemudian hidup & mati secara otomatis untuk menjaga tingkat pengisian daya aki pada tingkat pengisian yang optimal. Jenis pengisi daya terakhir adalah pengisi daya pintar, yang memantau kemajuan pengisian daya aki. Biasanya, ia akan mengisi daya pada tingkat yang berbeda untuk meminimalkan kerusakan yang terjadi pada aki. Sering kali pengisi daya pintar tersebut tidak dapat digunakan dengan aki lithium. Masalahnya adalah secara kimiawi, aki lithium berbeda dari rekan-rekan timbal mereka. Semua pengisi daya ini tersedia dalam berbagai tingkat arus pengisian daya. Mengisi daya pada arus listrik yang lebih tinggi akan lebih cepat, tetapi lebih membuat stres untuk aki dan pada akhirnya buruk untuk umur panjangnya di masa depan.

Isi Daya Aki
Jika sepeda motor Anda ada di garasi, bawalah ke luar. Mengisi aki mengeluarkan gas hidrogen, yang sangat mudah terbakar. Pengisian yang berlebihan, akan menghasilkan hidrogen sulfida, yang sangat buruk bagi Anda. Selanjutnya, pasang pengisi daya ke terminal. Periksa tiga kali apakah mereka terhubung dengan benar. Jika Anda mencolokkan pengisi daya dengan terhubung ke terminal yang salah, Anda akan merusak aki. Pastikan kabel pengisi daya terpasang dengan kuat ke aki. Setelah Anda yakin itu terpasang dengan benar, colokkan pengisi daya.

Pasang Aki Kembali
Setelah pengisian daya aki selesai, Anda bisa mencabut pengisi daya. Pasang kembali aki dan kencangkan penahan. Kemudian pasang kabel positif yang pertama, dan setelah itu, kabel negatif.

Baca Juga, Inilah 4 Langkah Untuk Melepas Aki Motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here