Saat Anda membuka dasbor depan mobil, Anda akan melihat sebagian besar roda gir berbentuk bulat seperti roda besi kecil. Setiap gir dihubungkan oleh timing belt. Timing belt adalah sabuk yang terbuat dari bahan karet fleksibel yang memiliki permukaan bergerigi yang membantu memutar poros camshaft yang terhubung dengan sprocket camshaft dan crankshaft. Sebagian orang mengalami kepanikan jika mendengar timing belt berbunyi. Hal ini sangat mengganggu, karena jika timing belt mengeluarkan bunyi berisik yang aneh pasti ada gangguan pada timing belt mobil Anda. Dibawah ini ada beberapa alasan mengapa timing belt pada mobil Anda mengeluarkan suara aneh, Otodiva.com telah mengutip dari laman auto2000.co.id.

Sebelum mengetahui alasan timing belt mengeluarkan suara aneh, ketahui dulu fungsi timing belt pada mobil. Fungsi timing belt adalah menjaga ketepatan memutarnya camshaft (noken as) dengan cara membuka dan mentup klep (valve) pada ruang pembakaran mesin mobil. Ada dua klep yaitu klep untuk masuknya oksigen dan bahan bakar, serta satu lagi klep exhaust untuk pembuangan sisa pembakaran. Masing-masing klep ini sangat tergantung dengan timing belt, karena keduanya digerakkan noken as. Maka dari itu, Fungsinya timing belt untuk memutar noken as.

Setelah mengetahui apa saja fungsi timing belt pada mobil Anda, sekarang kita bahas apa saja alasan yang membuat timing belt mengeluarkan suara aneh pada mobil. Alasan pertama timing belt sudah rusak, yaitu ketika masa pakai timing belt mencapai batasnya, karna komponen tersebut kehilangan kinerjanya. Bentuknya akan kering, lapuk, mengeras dan retak. Selain itu timing belt, juga kehilangan elastisitasnya. Ketika berputar, itu menciptakan kebisingan pada mobil Anda. Alasan berikutnya, pemasangannya yang kurang tepat. Jika ada kesalahan, maka tidak aneh kalau timing belt menimbulkan bunyi berisik pada mobil Anda.

Selanjutnya, alasan timing belt mengeluarkan bunyi aneh yaitu bearing tensioner sudah aus. Di dalam timing belt ada beberapa bearing yang digunakan. Nah, jika bearing lama tidak diganti maka sudah pasti akan aus dan membuat suara berisik pada timing belt mobil Anda. Alasan yang terakhir adalah, auto tensioner pada timing belt mobil melemah, sudah pasti ketegangan. Juga, kekencangan timing belt menjadi tidak mampu dipertahankan. Secara tidak langsung, bunyi aneh menjadi lebih mudah muncul pada timing belt mobil Anda.

Baca Juga, Cara Terbaik Untuk Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here