Sistem pegas udara menggantikan suspensi pegas tradisional, mengganti pegas koil baja di atas roda kendaraan dengan airbag yang terbuat dari karet dan poliuretan. Airbag ini dipompa oleh kompresor udara onboard atau pompa listrik, hingga tekanan tertentu yang memilik fungsi mirip dengan pegas tradisional. Arah udara dikendalikan oleh katup udara yang membiarkan udara masuk ke berbagai bagian sistem untuk mengembang. Sistem pegas udara menyediakan bantalan antara bodi kendaraan dan roda untuk mengurangi getaran yang dirasakan selama perjalanan.

Tujuan Sistem Suspensi Udara
Tujuan air suspension atau suspensi udara adalah untuk memberikan kualitas berkendara yang mulus dan konstan. Sistem modern yang dikontrol secara elektronik di mobil dan truk ringan hampir selalu memiliki fitur self-leveling bersama dengan fungsi menaikkan dan menurunkan. Nah, berikut ini beberapa kekurangan dan kelebihan dari system suspensi udara pada mobil yang sudah Otodiva.com kutip dari GMT Rubber. Yuk, kita simak!

Kelebihan Sistem Suspensi Udara

1. Memberikan kenyamanan
Salah satu keunggulan utama mobil suspensi udara adalah peningkatan kenyamanan di belakang kemudi, sehingga nyaman untuk dikendarai sehari-hari. Suspensi udara yang dapat disesuaikan membuat pengendaraan lebih nyaman di jalan walaupun jalan berkualitas buruk.

2. Mengurangi getaran
Keuntungan lain dari suspensi udara adalah lebih sedikit keausan pada sistem suspensi dan komponen kendaraan, karena berkurangnya kekerasan dan getaran, terutama dengan mengemudi yang berat.

3. Fleksibilitas di jalan
Sistem pegas udara memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan mobil agar sesuai dengan preferensi pribadi mereka untuk kenyamanan dan penanganan berkendara. Kecepatan menikung yang lebih tinggi dan tingkat kontrol yang lebih besar saat berbelok di tikungan dapat dicapai dengan suspensi udara, karena kendaraan lebih cocok dengan kondisi jalan.

Kekurangan Sistem Suspensi Udara

1. Biaya
Salah satu kelemahan sistem pegas udara adalah biaya untuk membeli, yang lebih tinggi daripada sistem suspensi pegas tradisional. Hanya mobil mewah yang cenderung memiliki sistem pegas udara built-in sebagai standar.

2. Pemeliharaan
Kerugian suspensi udara lainnya adalah biaya perawatan. Dalam jangka pendek, mobil suspensi udara dapat diandalkan tetapi cenderung melihat perjalanan jarak jauh dan waktu di jalan di mana perbaikan sering mungkin diperlukan.

3. Masalah Mekanis
Sistem suspensi udara juga rentan terhadap masalah mekanis. Suspensi Anda mungkin mengalami malfungsi akibat karat atau kerusakan kelembaban dari dalam, atau kegagalan pemasangan udara pada pipa udara yang menghubungkan ke sistem udara. Kebocoran pada pegas udara juga sering terjadi dan dapat menyebabkan kompresor terbakar.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari system suspensi udara pada mobil.

Baca Juga, Simak! Alasan Bunyi Berisik Dari Timing Belt Pada Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here