Aquaplaning adalah salah satu masalah berkendara yang bisa terjadi pada kendaraan beroda. Genangan air atau permukaan jalan yang basah adalah faktor terjadinya aquaplaning, ban tidak memiliki traksi yang kuat di atas permukaan jalanan sehingga dapat kehilangan kendali pada saat berkendara. Berikut tips yang bermanfaat tentang persiapan apa yang dapat Anda lakukan untuk memastikan Anda menghindari aquaplaning yang sudah otodiva.com kutip dari RAC. Yuk, kita simak!

1. Pahami Kondisi Cuaca & Jalanan
Selalu periksa kondisi cuaca sebelum Anda mengemudi, dengan memberikan perhatian khusus pada kondisi yang mungkin Anda hadapi di sepanjang jalan saat melakukan perjalanan jarak jauh, maka Anda dapat lebih waspada terhadapat masalah tersebut. Pastikan Anda bereaksi terhadap rambu peringatan di depan Anda dan ubah teknik mengemudi Anda sesuai dengan cuaca dan kondisi jalan.

2. Perhatikan Kecepatan
Ban Anda akan memiliki peluang lebih kecil untuk mencengkeram jalan jika Anda bepergian dengan kecepatan lebih tinggi. Tidak ada ‘batas kecepatan aquaplaning’ khusus yang dapat Anda tetapkan untuk menghindari hal ini, tetapi diperkirakan bahwa kendaraan yang bergerak dengan kecepatan sekitar 30km/jam dalam satu atau dua inci air akan dapat mempertahankan traksi yang cukup untuk menghindari aquaplaning, sementara yang bergerak dengan kecepatan 50km/jam dalam kondisi yang sama jauh lebih kecil kemungkinannya untuk tetap terkendali. Ingat juga bahwa jarak berhenti bisa berlipat ganda dalam kondisi basah, jadi penting untuk tidak mengemudi terlalu cepat dan terlalu dekat dengan kendaraan di depan.

3. Jaga Ban Dalam Kondisi Terbaik
Ban dalam kondisi yang buruk dapat berkontribusi terhadap aquaplaning karena ban mungkin kesulitan untuk membersihkan air yang cukup dari jalanan. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa ban Anda secara teratur untuk memastikan ban dalam kondisi baik dan dipompa dengan benar. Manual mobil Anda akan memberi tahu Anda berapa tekanan ban kendaraan Anda seharusnya dan Anda dapat dengan mudah memeriksanya di sebagian besar SPBU. Kedalaman ban legal adalah 1.6mm, tetapi tidak ideal untuk membiarkannya sampai mencapai level tersebut, terutama untuk kondisi basah. Sebuah mobil dengan tapak 1,6mm yang melaju dengan kecepatan 50 mph dalam cuaca basah akan berhenti delapan meter lebih jauh di sepanjang jalan daripada mobil dengan tapak 3mm.

Itulah dia 3 tips untuk Anda mencegah terjadinya aquaplaning pada saat berkendara. Pastikan untuk tetap jaga keselamatan pada saat berkendara, ya!

Baca Juga, Berbahaya! Inilah Beberapa Penjelasan Tentang Aquaplaning

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here