Cat otomotif hitam mungkin adalah warna yang paling sulit untuk dibersihkan, tetapi bisa menjadi salah satu yang paling bermanfaat jika Anda tahu cara merawatnya. Berikut beberapa tipsnya yang dikutip oleh Otodiva.com dari Oards.com.

Haruskah Membeli Mobil Hitam?
Sebelum membeli mobil hitam terutama yang baru, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah menjaga agar cat hitam tetap terlihat sempurna. Cat hitam membutuhkan lebih banyak perawatan daripada warna yang lebih terang, terutama jika dibandingkan dengan warna perak atau putih. Jika Anda tidak punya waktu atau ruang untuk mencuci mobil dengan tangan, warna hitam mungkin tidak cocok untuk Anda.

Apakah Pencucian Mobil Otomatis Aman untuk Mobil Hitam?
Meskipun ada banyak implementasi pencucian mobil, mereka benar-benar bermuara pada tiga jenis utama pencucian mobil otomatis tanpa sentuhan, layanan mandiri, dan yang lainnya.

Jika Anda memiliki mobil berwarna hitam, jangan pernah mempertimbangkan untuk mencuci mobil menggunakan sikat, handuk, atau bulu sikat untuk menyentuh mobil Anda. Anda lebih baik mencuci mobil dengan tangan dan mempelajari teknik mencuci mobil yang benar daripada mencuci kendaraan melalui layanan cuci mobil apa pun. Pencucian dengan tangan yang berkualitas meminimalkan kemungkinan cat Anda akan terjaga. Selain itu, Anda dapat melakukan riset pada mobil dan produk Anda sendiri sehingga Anda mengetahui pH dan bahan kimia yang tepat untuk mobil Anda.

Jika Anda harus menggunakan layanan cuci mobil, berikut adalah beberapa opsi yang tidak merusak cat hitam Anda, diantaranya yaitu:

1. Cuci Mobil Tanpa Sentuhan/Otomatis
Cuci mobil tanpa sentuhan menggunakan sabun dan air bertekanan tinggi untuk membersihkan kendaraan Anda. Ini sering aman dalam keadaan darurat jika Anda tidak punya waktu untuk mencuci kendaraan Anda. Jasa ini sering menggunakan blower besar untuk mengeringkan mobil. Jika cuci mobil Anda menawarkan layanan pengeringan tangan, itu bukan lagi touchless. Sebaiknya lewati langkah ini dan biarkan mobil mengering sendiri. Bintik-bintik air biasanya lebih mudah dihilangkan daripada goresan.

2. Cuci Mobil Manual atau Self service
Pencucian mobil manual menawarkan pilihan yang relatif aman bagi orang-orang yang tidak memiliki ruang kerja sendiri untuk mencuci kendaraan mereka. Anda biasanya dapat meluangkan waktu dan mencuci kendaraan Anda dengan kecepatan Anda sendiri, memperhatikan detail untuk membersihkan mobil yang kotor sambil menghindari goresan. Hal terpenting yang dapat Anda lakukan di tempat cuci mobil manual adalah menghindari sikat yang berbusa. Sikat ini sering digunakan untuk membersihkan velg dan komponen knalpot yang kotor. Itu bisa dikotori dengan kontaminan yang akan menggores cat hitam Anda.

Tips Mencuci Mobil Hitam Sendiri di Rumah
Teknik mencuci yang tepat dan beberapa tindakan perlindungan akan sangat membantu dalam melindungi cat hitam baru Anda yang mengkilap, diantaranya yaitu : 

 1) Bilas Kendaraan
Sebelum Anda melakukan apa pun, kendaraan harus basah. Air dan sabun memberikan pelumasan sehingga kontaminan cenderung tidak menggores mobil Anda. Jika bagian dari kendaraan Anda mengering selama proses pencucian, bilas kembali agar tetap basah. Ini juga akan membantu Anda menghindari noda air.

 2) Ambil Dua Ember
Jika Anda akan mencuci mobil hitam, Anda benar-benar membutuhkan dua ember. Metode dua ember memungkinkan Anda mengambil air sabun yang bersih dari ember pertama lalu membilas spons di ember kotor. Isi kedua ember Anda dengan air dan satu lagi dengan sabun. Rendam spons Anda di dalam ember bersih bersabun, lalu aduk sabun hingga spons Anda sangat licin. Metode dua ember menjauhkan kontaminan dari spons dan cat Anda.

 3) Cuci dari Atas ke Bawah
Bagian bawah kendaraan Anda adalah yang paling terkontaminasi. Jika Anda mencuci ini terlebih dahulu, Anda akan menimbulkan lebih banyak kotoran di ember dan spons Anda.

Bekerja dengan cara dari atas ke bawah. Setelah Anda menyelesaikan atap dan kaca, pindah ke bagian atas pintu dan kap mesin. Turun sampai Anda mencapai ke bagian bawah kendaraan. Saat Anda mencuci, cobalah untuk mengikuti garis kendaraan. Di kap mesin, Anda akan menarik spons dari kaca depan ke bemper. Di bagian samping, tarik spons dari spatbor ke panel bagian belakang. 

Jangan gunakan gerakan memutar dengan spons. Jika Anda akhirnya membuat goresan tipis pada cat, goresan tersebut akan lebih terlihat saat Anda mencuci dengan pola melingkar. Simpan bagian belakang kendaraan untuk yang terakhir. Bagian belakang dan side skirt biasanya merupakan permukaan cat yang paling kotor.

 4) Cuci Roda dan Knalpot Anda
Ini juga merupakan ide yang baik untuk menyimpan roda, ban, dan knalpot Anda untuk yang terakhir.  Roda tidak hanya menimbulkan kotoran, tetapi juga menimbulkan debu rem yang sulit dihilangkan. Ujung knalpot mungkin tertutup endapan karbon, yang terutama berlaku pada kendaraan yang disuntikkan langsung. Tidak ada salahnya menggunakan spon kedua untuk velg dan knalpot. 

 5) Bilas Sabun
Setelah Anda mengaduk kotoran dengan spons, sebagian besar kontaminan akan langsung hilang. Ingatlah untuk tidak memaksakan apapun. Jika ada sesuatu yang menempel pada cat, jangan mencoba untuk menggosoknya karna pasti akan menimbulkan goresan pada cat.

Jika Anda berada di lingkungan dalam ruangan dengan pengatur suhu, sabun dan air mungkin tetap basah untuk waktu yang sangat lama. Jika tidak, Anda mungkin harus membilas setiap panel saat digunakan. Jangan biarkan sabun dan air mengering, karena dapat menyebabkan bercak air.

 6) Keringkan Kendaraan
Sekarang setelah mobil Anda bersih, Anda pasti ingin mengeringkan kendaraan. Jika Anda memilih untuk menggunakan handuk, pastikan Anda menggunakan microfiber berkualitas tinggi. Jangan menekan cat untuk mengeringkan kendaraan. Letakkan handuk di permukaan, lalu tarik handuk melintasi permukaan kendaraan. Seperti langkah mencuci, Anda pasti ingin menarik handuk dari depan ke belakang.

Baca Juga, Cara Merawat Mobil Berwarna Putih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here